7 Tips Mengecilkan Miom dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Ilustrasi penderita miom.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips mengecilkan miom wajib diketahui oleh setiap perempuan. Walaupun tidak berpotensi menimbulkan kanker, miom dapat mengakibatkan gejala yang membuat beberapa orang orang tidak nyaman. Bahkan, sampai terjadi anemia karena kehilangan banyak darah selama menstruasi. Miom sendiri merupakan tumor jinak yang terdiri atas otot polos myometrium.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Pertumbuhan sel otot yang terletak di dalam rahim yang tidak normal, membentuk kumparan, dan akan menggumpal mirip seperti bola. Kondisi ini dapat mengakibatkan gejala dan bisa juga tidak. Kemudian akan menyusut dengan sendirinya sesudah kehamilan atau menopause.

Beberapa gejala yang kerap terjadi pada orang yang menderita miom adalah pendarahan deras ketika haid, menstruasi lebih dari seminggu, nyeri di pinggul, punggung, kaki, dan sembelit. Meski tidak menimbulkan kanker, kamu harus tetap memantau pertumbuhan miom di dalam tubuh.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Terutama ketika gejala dirasakan sangat parah. Pertumbuhan miom kadang tidak disadari oleh sebagian wanita. Karena, kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Dalam kondisi tersebut, miom mungkin tidak usah diobati apa-apa. Sebaliknya, bila menimbulkan rasa sakit dan berisiko menimbulkan komplikasi, miom harus diobati. Nah, berikut adalah tips mengecilkan miom yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Mengecilkan Miom?

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Ilustrasi makanan berserat.

Photo :
  • U-Report

Makanan tinggi serat merupakan salah satu tips mengecilkan miom yang wajib dikonsumsi. Makanan ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan juga menjaga keseimbangan hormon. Selain itu, makanan ini juga akan menjaga kadar di dalam darah supaya tetap stabil.

Makanan kaya seratlah yang akan membantu untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan miom. Beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran, terutama brokoli, kubis, kembang kol, buah-buahan, biji gandum, kentil, dan oatmeal.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Kalium

Konsumsi buah-buahan

Photo :
  • U-Report

Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa perempuan yang mengalami miom parah juga mempunyai tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, tips mengecilkan miom berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalium. Contoh dari makanan ini adalah alpukat, pisang, kurma, tomat, kentang, dan lain sebagainya.

3. Sumber Makanan Vitamin D

ilustrasi vitamin D

Photo :
  • pixabay/petel_imfort

Sebuah studi menyatakan bahwa makanan sumber vitamin D bisa mengurangi risiko perkembangan miom sekitar 12%. Bukan hanya itu, sumber vitamin D yang dapat ditemui dalam produk olahan susu biasanya akan mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium.

Oleh karena itu, diyakini bisa memperlambat perkembangan miom di dalam tubuh. Makanan yang menjadi sumber vitamin D adalah kuning telur, susu, keju, minyak hati ikan kod, dan jus jeruk fortifikasi.

4. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau memiliki berbagai antioksidan yang baik untuk tubuh, terutama miom. Salah satu penelitian menyatakan bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate. Kandungan ini bermanfaat untuk memperlambat perkembangan miom dengan cara meringankan peradangan dan juga menurunkan kadar estrogen tinggi.

Walaupun dinilai baik untuk kesehatan, teh jenis ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya menjadi tips mengecilkan miom.

5. Buah Beri

Ilustrasi buah-buahan/beri.

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Jenis buah beri mengandung resveratrol, contohnya adalah strawberry, mulberi, stroberi, blackberry, angur, dan raspberry, juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mengecilkan miom. Resveratrol merupakan sebuah senyawa kimia yang diperoleh dari tanaman sebagai respons pada infeksi. Para peneliti mempercayai bahwa kandungan ini bisa menghentikan perkembangan dan pertumbuhan sel miom.

6. Pasta atau Sereal dari Gandum Utuh

Sarapan sereal.

Photo :
  • U-Report

Tips mengecilkan miom berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah gula dan bebas dari gluten. Contoh dari makanan ini adalah pasta dan sereal yang berasal dari gandum utuh. Menyadur The American Journal of Clinical Nutrition, studi terhadap 21 ribu lebih wanita dengan menopause memperlihatkan bahwa diet rendah gula cukup efektif untuk menurunkan risiko miom.

7. Makanan yang Harus Dihindari

Daging merah.

Photo :
  • U-Report

Selain mengonsumsi makanan untuk mengecilkan miom, kamu juga mesti mengetahui makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Contohnya adalah kedelai dan olahannya, seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lain sebagainya. Hal ini karena mengadung fitoestrogen yang dapat memantik perkembangan miom.

Kemudian makanan yang mengandung gula juga tidak boleh dikonsumsi karena memantik peningkatan kadar gul darah yang bisa memperparah kondisi. Lalu, makanan yang terlalu asin juga tidak boleh dikonsumsi karena akan memicu hipertensi yang buruk untuk penderitanya. Terakhir, adalah daging merah, karena daging ini mengandung banyak kalori dan berisiko meningkatkan perkembangan miom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya