Khasiat Ketumbar, Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Diabetes

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar menjadi salah satu bumbu dapur yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketumbar memiliki kandungan protein, lemak, magnesium, kalsium, kalium, dan karbohidrat. Kandungan tersebut sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain itu, ketumbar disebut-sebut memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, gangguan fungsi jantung dan diabetes. Benarkah demikian? Hal tersebut ternyata dibenarkan oleh  Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne.

"Fakta memang sudah digunakan sampai sekarang, pengobatan Arab dan Maroko," kata Muthe, Senin 22 November 2021.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Ilustrasi Ketumbar

Photo :
  • Pixabay/ PDPics

Dijelaskan Muthe, ketumbar berfungsi membantu menurunkan kadar LDL sehingga baik untuk kesehatan jantung. Karena, kata dia LDL yang berlebih pada seseorang berisiko terjadinya plak. Nantinya, penumpukan plak ini akan membuat darah kesulitan mengalir melalui arteri karena arteri yang mengalami penyempitan termasuk arteri yang mengarah ke jantung.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Memiliki efek vasodilator, melebarkan pembuluh darah sehingga baik untuk penderita hipertensi," kata dia.

Lebih lanjut, Muthe menjelaskan bahwa ketumbar ini juga berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah, lantaran ketumbar ini bersifat seperti insulin.

Ketumbar untuk obat vertigo.

Photo :
  • U-Report

"Memiliki efek diuretik memperbanyak pengeluaran urin. Bagi mereka yang diabetes konsumsi obat rutin gula dijarak dua jam tidak berbarengan," kata Muthe.

Lantas bagaimana cara mengonsumsi ketumbar untuk menurunkan kolesterol, gangguan fungsi jantung dan diabetes?

Cukup siapkan 2 sdm ketumbar utuh. Lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah diseduh dengan air panas dan diamkan selama 15 menit dengan menutup gelas. Hal ini bertujuan agar minyak atsiri tidak ikut menguap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya