Ketumbar Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Dia Resepnya

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan dalam berbagai masakan, seperti sup, kari, dan lain-lain. Selain membuat masakan menjadi lezat, ketumbar juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya, ketumbar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Sistem imun tubuh merupakan faktor penting yang menjaga tubuh agar tak mudah terserang penyakit, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Hal itu bisa ditingkatkan jika Anda rutin mengonsumsi ketumbar.

Hal ini tak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan di dalam biji ketumbar juga telah terbukti dalam melawan peradangan akibat infeksi penyakit tertentu dalam tubuh.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ilustrasi Biji ketumbar

Photo :
  • U-Report

"Minyak asiri dan asam lemak ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Sebagai anti radang mengatasi pegal-pegal," kata Ahli herbal dr.Muthoharoh,M.Si dalam program Hidup Sehat TvOne, Senin 22 November 2021.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Muthe menyebut ketumbar bisa dikonsumsi bersama dengan jahe. Caranya haluskan 1 sdm ketumbar. Ketumbar ini perlu dihaluskan lantaran kata Muthe agar zat aktif yakni minyak asirin bisa keluar.

Untuk bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 1 sdm ketumbar yang telah dihaluskan
- jahe 5cm yang digeprek atau dipotong
- 2 gelas air

Ketumbar untuk obat vertigo.

Photo :
  • U-Report

Cara membuat:

- Panaskan 2 gelas air, lalu masukkan 1 sdm ketumbar halus dan 5cm jahe yang telah digeprek atau dipotong
- rebus dan tutup panci selama 15 menit

"Untuk menjaga daya tahan tubuh cukup konsumsi 1x sehari di pagi hari sebelum makan. Kalau yang ada keluhan batuk dan sakit tenggorokan bisa 2-3 kali sehari. Hati-hati bagi penderita gangguan lambung, jahe bisa diganti kunyit," kata Muthe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya