dr Zaidul Akbar: Makanan Ini Biang Kerok Naiknya Gula Darah

Ilustrasi tepung.
Ilustrasi tepung.
Sumber :
  • The Kitchn.

VIVA – Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkapkan, makanan-makanan cepat saji atau yang berbahan dasar tepung adalah biang kerok dari timbulnya penyakit degeneratif. 

"Penyakit-penyakit yang bermula dari kenaikan gula, kolesterol, bahkan degeneratif, itu muncul gara-gara makanan cepat saji. Padahal, sebenarnya makanan itu tidak kita perlukan," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Senin 22 November 2021. 

Lebih lanjut dokter Zaidul menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan konsep kesederhanaan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Yaitu dengan makan-makanan yang telah Allah SWT ciptakan tanpa proses pengolahan. 

"Tepung-tepung, kita tidak makan. Kita makan tepung itu dari tepung-tepung non gluten, seperti kentang, singkong, banyak pilihannya," kata dia. 

Zaidul mengatakan, konsep kesederhanaan ini bisa kita wujudkan dengan cara mengonsumsi produk ciptaan Allah yang tidak banyak pengolahan tapi banyak mengandung zat-zat gizi penting. Salah satu contohnya adalah kunyit, yang mengandung lebih dari 30 bahan aktif.

Cek kadar gula darah..

Cek kadar gula darah..

Photo :
  • U-Report

"Semakin sederhana makanan yang kita konsumsi, maka Insya Allah akan semakin sederhana penyakit. Kalopun kena penyakit, maka penyakitnya juga akan sederhana," tuturnya.