Makanan Murah Meriah Ini Jaga Kadar Gula Darah Tetap Terkontrol

Kacang-kacangan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diabetes merupakan kondisi kronis yang dapat mengakibatkan melonjaknya gula darah jika tidak dikontrol. Makanan adalah salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan lonjakan atau penurunan kadar gula darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Untungnya, makanan murah meriah berikut dapat membantu kadar gula darah kamu tetap terkontrol. Ya, ketika membicarakan makanan super untuk diabetes, kacang-kacangan berada di urutan teratas dalam daftar, demikian menurut American Diabetes Association.

Dikemas dengan serat, kacang-kacangan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Meskipun kacang mengandung karbohidrat, namun kacang-kacangan mengandung indeks glikemik (GI) yang rendah.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Dilansir Express, Selasa 23 November 2021, makanan dengan GI rendah dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini berarti kacang-kacangan, tidak menyebabkan lonjakan besar dalam kadar glukosa darah.

Gula darah

Photo :
  • Indian Express
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

American Diabetes Association menjelaskan bahwa kacang dapat membantu mengontrol gula darah lebih baik dibanding makanan bertepung lainnya. Lalu, jenis kacang apa yang harus dipilih? 

American Diabetes Association merekomendasikan kacang kering atau dalam kemasan kaleng tanpa sodium. Kamu bisa menambahkannya ke dalam menu sehari-hari beberapa kali seminggu. 

Sangat penting untuk mengurangi asupan natrium, karena garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang berisiko tinggi untuk pasien diabetes. 

Jenis kacang hitam juga memiliki manfaat tambahan, karena hasil penelitian menunjukkan, ketika mengonsumsi jenis kacang ini, tubuh akan mencernanya lebih lambat sehingga dapat membantu mengelola gula darah. 

Sedangkan beberapa jenis lain, antara lain, kacang merah, kacang pinto, dan kacang adzuki, juga bisa sangat bermanfaat. Kacang-kacangan kaya akan serat, yang memiliki banyak manfaat, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mampu mengurangi risiko terkena diabetes. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya