Kapan Vaksin Booster COVID-19 Diperlukan?  Ini Penjelasannya

Petugas medis perlihatkan dosis vaksin COVID-19 Moderna (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Ingatan akan kehancuran akibat gelombang kedua virus corona tidak hanya mengganggu, tetapi juga memenuhi kita semua dengan rasa takut dan tidak aman. Meskipun jumlah kasus COVID-19 telah turun dan banyak yang telah menerima kedua dosis vaksin mereka, para ahli belum menampik kemungkinan gelombang ketiga yang potensial. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dengan varian dan kurangnya kewaspadaan, dunia terus berada dalam risiko dan berkurangnya kekebalan dari vaksin hanya menambah kesengsaraan kita.

Dalam keadaan seperti itu, ada banyak diskusi seputar penggunaan vaksin booster (penguat) dan kebutuhan untuk melindungi diri dari varian yang ada.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dikutip dari laman Times of India,  saat ini, vaksin booster COVID-19 telah diperkenalkan di beberapa bagian dunia dan diskusi seputar kemanjuran dan efek sampingnya sedang berlangsung.

Mengingat munculnya varian yang lebih baru, kesengsaraan tambahan dari memudarnya kekebalan vaksin, suntikan booster diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap virus mematikan dan variannya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dikatakan untuk mengekspos kembali sistem kekebalan seseorang ke antigen yang diimunisasi, yang ingatannya (setelah dosis sebelumnya) bisa hilang selama periode waktu tertentu.

Lebih lanjut diyakini bahwa inokulasi dosis penguat COVID-19 dapat meningkatkan reaksi kekebalan dan menghasilkan kekebalan yang lebih dapat ditoleransi, serta lebih tahan lama. Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan untuk melihat apakah setiap orang memerlukan dosis booster.

Seberapa efektif dosis booster?

Suntikan booster diyakini dapat memperpanjang perlindungan kekebalan yang diberikan oleh vaksin COVID-19. Mengingat bahwa vaksin yang ada rentan terhadap penurunan kekebalan dari waktu ke waktu, pemberian suntikan tambahan dapat memicu respons kekebalan yang lebih efektif, sementara juga meningkatkan jumlah antibodi dalam tubuh.

Karena infeksi terobosan telah meningkat, di sejumlah negara, dosis vaksin COVID-19 yang jauh lebih kuat dan terkini pasti diperlukan. Namun, ini tidak berarti bahwa vaksin tersebut kurang efektif melawan virus. 
Sesuai pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), vaksin COVID-19 bekerja sangat baik untuk mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian, bahkan terhadap varian Delta yang beredar luas. Namun, dengan varian Delta, pakar kesehatan masyarakat mulai melihat pengurangan perlindungan terhadap penyakit ringan dan sedang.

Kebutuhan akan booster vaksin telah menjadi isu global utama. Diskusi muncul pada saat ada banyak orang di seluruh dunia, masih menunggu untuk mendapatkan dosis COVID-19 pertama mereka.

Yang mengatakan, penting bagi kita untuk belajar memprioritaskan. Meskipun telah direkomendasikan bahwa suntikan booster diperkenalkan hanya setelah enam bulan vaksinasi sebelumnya, mungkin juga ada populasi yang mungkin tidak memerlukan perawatan yang diprioritaskan.

Para ahli menyarankan bahwa dosis booster, pertama dan terutama, harus diberikan kepada mereka yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Ini dapat mencakup orang-orang yang memiliki kekebalan yang terganggu, atau mereka yang melawan kondisi kronis, yang dapat mengganggu perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

Juga, mereka yang berisiko lebih tinggi terinfeksi, termasuk petugas garis depan dan petugas kesehatan harus diprioritaskan untuk hal yang sama, menurut para ahli.

Kapan kita perlu vaksin booster

Ketika berbicara tentang kekebalan vaksin, itu mungkin berkurang seiring waktu. Ini adalah proses alami dan tidak banyak yang bisa kita lakukan, tetapi untuk mengekspos kembali sistem kekebalan tubuh ke suntikan vaksin lain.

Sejauh menyangkut vaksin COVID-19, dikatakan bertahan selama enam bulan setelah suntikan kedua pemberian vaksin. Setelah jangka waktu tersebut, tingkat antibodi pada individu yang divaksinasi mungkin mulai berkurang. 

Yang mengatakan, apakah Anda memerlukan dosis booster atau tidak sebagian dapat ditentukan oleh jumlah antibodi dalam tubuh Anda. Tetapi meskipun perlindungannya telah berkurang, itu tidak berarti bahwa tubuh Anda kehilangan kemampuannya untuk melawan virus.

Haruskah pasien yang sembuh dari COVID-19 mendapatkan suntikan booster?

Vaksinasi di Kota Semarang, Jateng (Foto ilustrasi).

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Anda akan mendapat kekebalan melalui vaksin COVID-19, atau jika Anda telah menangani dan pulih dari infeksi sebelumnya.

Meskipun mendapatkan suntikan vaksin menguntungkan dalam banyak cara yang mungkin, ketika sebelumnya telah terinfeksi, penelitian tertentu telah menunjukkan bahwa kekebalan alami bisa lebih tahan lama dan pada kenyataannya, lebih kuat daripada kekebalan yang digerakkan oleh vaksin.

Sesuai penelitian Israel, ditemukan infeksi COVID-19 sebelumnya membangun respons kekebalan yang lebih besar dan lebih efektif terhadap varian Delta, dibandingkan dengan dua dosis vaksin Pfizer , vaksin mRNA yang dikatakan sangat manjur.

Selain itu, juga diamati bahwa orang yang divaksinasi lengkap tanpa riwayat infeksi COVID-19 lebih rentan terinfeksi varian Delta daripada mereka yang tidak divaksinasi, tetapi terinfeksi sebelumnya.

Sementara menurunnya kekebalan adalah kekhawatiran yang berkembang di antara para ilmuwan dan profesional medis, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa "seri vaksinasi primer harus diprioritaskan daripada vaksinasi booster."

"Menawarkan dosis booster ke sebagian besar populasi ketika banyak yang belum menerima bahkan dosis pertama merusak prinsip kesetaraan nasional dan global," kata organisasi kesehatan tersebut.

Lebih lanjut ditambahkan, "Memprioritaskan dosis booster di atas kecepatan dan luasnya cakupan dosis awal juga dapat merusak prospek mitigasi global pandemi, dengan implikasi parah bagi kesehatan, kesejahteraan sosial dan ekonomi orang-orang secara global."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya