19 Negara Sudah Diperbolehkan Masuk Indonesia, Ini Daftarnya

Virus Corona.
Virus Corona.
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dalam rangka memulihkan pariwisata Indonesia, Pemerintah telah mengizinkan 19 negara untuk masuk ke Indonesia. Kebijakan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ka Satgas Nomor 15 Tahun 2021 dan sudah berlaku sejak 15 Oktober 2021. 

Ke-19 negara tersebut di antaranya, Bahrain, China, Hungaria, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, Liechtenstein, Norwegia, Prancis, Persatuan Arab Emirat, Polandia, Portugal, Qatar, Saudi Arabia, Selandia Baru, Spanyol dan Swedia. 

"Kita sudah memperbolehkan 19 negara WNA yang warganya boleh datang ke Indonesia, terutama ke Bali dan Kepulauan Riau. Menggunakan direct fligt atau penerbangan langsung, mulai berlaku sejak 15 Oktober 2021," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Dr. Sonny Harry B Harmadi, saat webinar VIVA Talk, yang digelar Kamis 25 November 2021.

Sonny menambahkan, penentuan negara-negara tersebut didasarkan pada beberapa indikator. Apa saja? 

"Hanya negara dengan risiko penularan yang rendah yang boleh ke Indonesia. Positivity rate-nya di bawah 5 persen, kasusnya rendah, masuk dengan direct flight atau pun transit dari asal negara dengan positivity rate yang rendah," kata dia. 

"Kemudian juga berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri dan Kemenparekraf berdasarkan hasil dari market value dan market survey. Juga, terlibat dalam kerja sama antar negara," tutur dia. 

Sonny menjelaskan, terkait penentuan negara mana saja yang boleh masuk ke Indonesia, evaluasi akan dilakukan setiap sebulan sekali, di awal bulan.