Muncul Varian B.1.1.529, Lebih Berbahaya dari Varian Delta?

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di tengah gelombang ketiga COVID-19 yang melanda sejumlah negara di dunia. Kini diketahui muncul varian baru yang mengkhawatirkan, dan diperkirakan lebih buruk daripada varian Delta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Seorang ahli virologi di Imperial College London, Dr Tom Peacock awal bulan ini telah memberikan warning tentang varian B. 1.1529. Peacock juga mengungkapkan dalam serangkaian tweetnya, strain, yang pertama kali terdeteksi di Botswana pada 11 November ini, memiliki profil mutasi lonjakan yang sangat mengerikan dan jumlah mutasi lonjakan yang sangat tinggi menunjukkan ini bisa menjadi perhatian nyata. 32 mutasi lonjakan itu membuatnya, karena itu berarti akan lebih sulit vaksin COVID-19 yang ada untuk memerangi jenis baru.

Bahkan, koordinator Gugus Tugas COVID-19 Kepresidenan Botswana,Kereng Masupu, telah mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan varian baru itu telah ditemukan pada orang yang divaksinasi di negara tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam beberapa hari setelah penemuan, kasus telah menyebar ke Afrika Selatan dan Hong Kong, dan sekarang ada kekhawatiran serius karena infeksi itu menembus Afrika Selatan dengan kecepatan 1000 kasus per hari.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan kepada wartawan Jumat pagi ini bahwa varian itu sedang diselidiki dan belum menjadi varian yang menjadi perhatian meskipun itu bisa berubah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Semua varian ini kami pantau, kami catat tanggapan yang dibuat oleh negara lain dan kami pertimbangkan secara real time. Yang lebih penting adalah perlindungan terbaik terhadap varian apa pun, adalah vaksinasi,” kata dia seperti dikutip dari laman news.com.au.

Peringatan mendesak

Ilustrasi penyebaran virus corona di dunia. (Unsplash.com/Martin-Sanchez)

Photo :
  • vstory

Krisis yang membayangi meningkat dengan cepat, membuat para ahli kesehatan di Afrika Selatan mengadakan pengarahan mendesak kemarin. Di hadapan media, Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Joe Phaahla mengungkapkan varian baru B.1.1.529 itu menyebar di wilayah Gauteng, meskipun orang dalam percaya itu mungkin juga ada di provinsi lain.

"Munculnya varian memperkuat fakta bahwa musuh tak terlihat yang kita hadapi ini sangat tidak terduga", lapor news24.

Direktur Center for Epidemic Response and Innovation (CERI) Afrika Selatan, Tulio de Oliveira juga berbicara pada briefing tersebut, dan mengatakan tingginya jumlah mutasi mengkhawatirkan prediksi penghindaran dan penularan kekebalan.

“Ini memiliki banyak, lebih banyak mutasi. Kita bisa melihat bahwa varian tersebut berpotensi menyebar sangat cepat. Kami berharap untuk mulai melihat tekanan dalam sistem perawatan kesehatan dalam beberapa hari dan minggu ke depan," katanya kepada pers.

Dia mengatakan kepada wartawan B. 1.1.529 berisi beberapa mutasi terkait dengan peningkatan resistensi antibodi, yang berpotensi membatasi efektivitas vaksin yang ada. Varian ini juga mengandung mutasi yang membuatnya lebih menular, serta mutasi lain yang tidak diketahui sebelumnya.

Melalui twitter, Prof de Oliveira mengungkapkan varian  B.1.1.529 ini ‘mengkhawatirkan’ karena menyebar sangat cepat, dengan varian baru membuat 90 persen dari kasus di Gauteng (setidaknya 1000 sehari).

Prof de Oliveira juga memohon kepada para miliarder dan organisasi kesehatan dunia untuk memberikan bantuan keuangan kepada negara untuk melindungi varian agar tidak melarikan diri dan menyebar ke seluruh planet.

Varian baru ini, B. 1.1.529 sepertinya menyebar sangat cepat! Dalam waktu kurang dari 2 minggu sekarang mendominasi semua infeksi setelah gelombang Delta yang menghancurkan di Afrika Selatan. Varian baru ini benar-benar mengkhawatirkan di tingkat mutasi. Afrika Selatan dan Afrika akan membutuhkan dukungan (finansial, kesehatan masyarakat, ilmiah) untuk mengendalikannya agar tidak menyebar ke dunia,” tweet dia.

Terburuk yang pernah terlihat

Ilustrasi virus.

Photo :
  • Freepik/Harryarts

Varian baru adalah menyebabkan kekhawatiran yang signifikan sehingga Inggris telah mengumumkan langkah-langkah baru yang keras dalam upaya putus asa untuk menghentikan transmisi.

Menteri Kesehatan, Sajid Javid mengungkapkan hari ini, enam negara akan ditambahkan ke daftar merah untuk masuk ke Inggris beberapa negara itu antara lain Afrika Selatan, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho dan Eswatini. Wisatawan dari negara-negara itu yang tiba sebelum larangan berlaku akan dipaksa untuk dikarantina.

Seorang ahli kesehatan yang tidak disebutkan namanya menggambarkan varian B.1.1.529 itu sebagai "yang terburuk yang pernah dilihat sejauh ini", kata dia kepada BBC. Dia juga mengungkap para ilmuwan dalam siaga tinggi.

Pertemuan darurat WHO

Logo WHO.

Photo :
  • WHO

Sebagai tanda lain betapa mengancamnya varian baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas bagaimana kemunculannya dapat berdampak pada vaksin dan perawatan.

“Kami belum tahu banyak tentang ini. Yang kami tahu adalah varian ini memiliki banyak mutasi. Dan kekhawatirannya adalah ketika Anda memiliki begitu banyak mutasi, itu dapat berdampak pada bagaimana virus berperilaku,” kata pimpinan teknis WHO untuk COVID-19 Dr Maria Van Kerkhove dalam tanya jawab yang disiarkan langsung.

Yang perlu diketahui tentang varian B. 1.1.529

Ilustrasi virus

Photo :
  • Times of India

Varian B. 1.1.529, yang pertama kali terdeteksi di Botswana pada 11 November, diperkirakan akan dijuluki sebagai varian “Nu”, karena itu adalah huruf Yunani berikutnya yang tersedia. Setidaknya tiga kasus sejauh ini telah tercatat di Botswana.

Kasus pertama di Afrika Selatan dikonfirmasi pada 14 November, dengan infeksi sekarang menyebar dengan cepat ke seluruh provinsi Gauteng.

Seorang wisatawan pria berusia 36 tahun dari Hong Kong, yang berada di Afrika Selatan dari 23 Oktober hingga 11 November, kemudian dinyatakan positif mengidap strain baru saat di karantina hotel pada 13 November, sekembalinya ke rumah.

Tamu lain yang di karantina di hotel kemudian dites positif terhadap jenis baru juga, dengan otoritas Hong Kong menyalahkan kasus pertama penggunaan masker yang dapat digunakan kembali yang menampilkan katup buang untuk transmisi.

Akibatnya, masker tersebut dicap ‘egois’ oleh ahli mikrobiologi terkemuka Hong Kong, Yuen Kwok Yung, karena tidak menyaring udara yang dihembuskan oleh pemakainya dan telah dilarang di dalam karantina hotel.

Menurut direktur Institut Genetika Universitas College London, Professor Francois Balloux, B. 1.1.529 kemungkinan berevolusi selama infeksi kronis pada orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan, mungkin pada pasien HIV/AIDS yang tidak diobati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya