10 Tips Menghilangkan Bau Mulut, Terbukti Ampuh dalam Sekejap

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Terdapat berbagai tips menghilangkan bau mulut yang wajib diketahui oleh semua orang. Karena, bau mulut merupakan kondisi yang sangat menganggu dan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Walaupun bukan sebagai masalah yang serius, tapi aroma tidak sedap yang keluar dari mulut akan membuat seseorang menjadi minder untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Tapi, kamu tidak usah khawatir karena terdapat berbagai cara untuk menghilangkan bau mulut.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Bau mulut yang tidak sedap ini biasanya disebabkan oleh gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Ketika kamu makan, sisa potongan makanan akan menempel dan tersangkut di sela-sela gigi. Lama kelamaan, sisa-sisa makanan tersebut akan didatangi bakteri bila kamu jarang menggosok gigi. Bakteri tersebut bisa melepaskan senyawa sulfur yang mengakibatkan mulut menjadi berbau. Walaupun demikian, terdapat faktor lain yang menyebabkan bau mulut, seperti merokok, makan beraroma kuat, sampai tanda medis serius. Nah berikut tips menghilangkan bau mulut selengkapnya.

Lantas, Bagaimana Tips Menghilangkan Bau Mulut?

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

1. Sikat Gigi

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report
Bocor? No Worries! Merk Cat Ini Berikan Solusi dan Tips Ampuh

Para ahli menyatakan bahwa gigi dan mulut yang kotor merupakan penyebab dari bau napas. Maka dari itu, menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah sebuah cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau mulut. Pastikan kamu sudah menyikat gigi dua kali sehari di pagi dan malam hari memakai pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida adalah mineral aktif yang melindungi gigi.

Tapi, kamu juga tidak bisa asal menyikat gigi. Pakailah teknik yang benar supaya bisa merasakan hasil yang maksimal. Jangan menyikat gigi terlalu keras. Karena bukan membuat gigi semakin bersih, tapi akan mengikis enamel gigi. Ini merupakan asal usul dari gigi sensitif. Selain itu, kamu juga harus mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.

2. Konsumsi Air Putih

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Banyak yang tidak mengetahui bahwa mulut kering akan mengakibatkan bau mulut. Mulut kering menandakan produksi air liur yang lebih sedikit. Ini akan memengaruhi kebersihan mulut kamu. Tanpa air liur, bakteri yang menyebabkan bau mulut akan sanat mudah untuk berkembang biak. Karena bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam lingkungan yang kering.’

Bakteri tersebut kemudian akan tumbuh dan berkembang biak kemudian menghasilkan senyawa sulfur atau belerang yang menyengat. Saat kamu membuka mulut, maka aroma tak sedap akan keluar. Itulah mengapa banyak minum air putih menjadi salah satu tips menghilangkan bau mulut.

3. Bersihkan lidah

lidah

Photo :
  • U-Report

Banyak yang tidak menyadari bahwa lidah dipenuhi dengan plak dan bakteri penyebab bau mulut. Kedua penyebab tersebut tumbuh dan bersarang di mulut sehingga mengeluarkan napas yang bau. Sayangya mouthwash atau berkumur hanya akan membersihkan lapisan terluar lidang. Sementara itu, bakteri yang ada di bawahnya masih tetap menempel di permukaan lidah. Oleh karena itu, bersihkan lidah dengan memakai sikat gigi.

4. Jauhi Makanan Penyebab Bau Mulut

Semur jengkol.

Photo :
  • U-Report

Walaupun rasanya sangat lezat, ternyata beberapa makanan bisa memicu bau mulut. Misalnya adalah bawang putih, petai, durian, dan jengkol. Dalam prinsipnya, seluruh makanan yang dimakan akan memengaruhi aroma mulut dan napas. Karena senyawa penyebab bau mulut terkandung dalam makanan tersebut. Karenanya, bijaklah dalam memilih menu makanan sehari-hari.

5. Jangan Merokok

Terlalu banyak merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Bau mulut orang yang merokok biasanya tidak sedap. Hal ini karena perokok aktif lebih mudah untuk mengalami beberapa masalah gigi dan mulut. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa perokok dua kali lipa lebih berisiko mengalami penyakit gusi ketimbang orang yang tak merokok. Penyakit gusi adalah salah satu penyebab bau mulut. Bila sudah begini, cara terbaik adalah menghentikan kebiasaan tersebut.

6. Flossing Gigi

Benang Gigi

Photo :
  • inmagine.com

Mempunyai gigi putih, bersih, dan mulut wangi merupakan keinginan setiap orang. Supaya tidak menjadi keinginan semata, kamu harus flossing sesudah menggosok gigi. Flossing merupakan sebuah teknik membersihkan sela gigi dengan benang gigi. Benang ini akan membantu untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut dan tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi.

7. Gunakan Obat Kumur

Berkumur-kumur dan sikat gigi.

Photo :
  • U-Report

Selain menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bermanfaat untuk membersihkan keseluruhan rongga mulut dari sisa makanan dan plak. Sebaiknya berkumur dilakukan selama dua kali sehari sesudah menyikat gigi dan flossing. Supaya manfaatnya semakin optimal, perhatikan baik-baik daftar komposisinya. Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol.

8. Mengunyah Cengkeh

Cengkeh

Photo :
  • U-Report

Everyday Health menyatakan bahwa cengkeh bisa menjadi tips menghilangkan bau mulut. Bahan ini mengandung antiseptik yang bisa membantu untuk melawan bakteri penyebab bau mulut. Selain cengkeh, kamu juga dapat mengunyah setangkai mint, ketumbar, peterseli, dan basil. Klorofil dalam tanaman hijau tersebut akan membantu untuk menetralkan bau mulut.

9. Konsumsi Jus Nanas

Ilustrasi jus nanas untuk obat batuk berdahak.

Photo :
  • U-Report

Banyak orang yang percaya bahwa nanas bisa menjadi salah satu tips menghilangkan bau mulut yang efektif. Walaupun belum ada bukti secara ilmiah, laman Healthline menyatakan bahwa laporan memperlihatkan bahwa cara ini berhasil. Untuk mencobanya, minumlah segelas jus nanas atau kunyah irisan nanas selama dua menit.

10. Konsultasi dengan Dokter Gigi

Ilustrasi dokter gigi

Photo :
  • Pixabay

Bau mulut yang tidak bisa diatasi dengan beberapa cara di atas bisa saja merupakan tanda penyakit serius. Oleh karena itu, segera pergi untuk menemui dokter dan menceritakan keluhan kamu. Dokter akan mencari tahu mengenai penyebab bau mulut dengan memeriksa rongga mulut secara keseluruhan. Ia juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan dan cara merawat gigi kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya