Indera Penciuman Belum Normal Pasca COVID-19, Ini Kata Peneliti

Indera penciuman
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Selama gelombang kedua virus corona, terjadi kekacauan dan kepanikan yang luar biasa. Secara global, varian Delta mendatangkan lebih banyak malapetaka daripada sebelumnya, menginfeksi populasi besar orang dan merenggut jutaan nyawa. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Meskipun jumlah kasus COVID-19 telah turun jauh, mereka yang terinfeksi terus berjuang melawan gejala yang paling tidak menyenangkan bahkan setelah pemulihan. Dari sekian banyak, kehilangan indra penciuman adalah gejala COVID-19 yang paling aneh namun umum, yang telah menjadi sumber penderitaan bagi banyak pasien yang pulih.

Hilangnya mencium bau adalah salah satu indikator paling signifikan dari COVID-19. Sejauh menyangkut COVID-19, ia dapat memiliki gejala yang dapat tumpang tindih dengan gejala penyakit pernapasan lainnya, yang tidak hanya dapat sangat membingungkan, tetapi juga dapat menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Namun, perubahan penciuman yang terkait dengan virus SARs-COV-2 adalah sesuatu yang hanya terdeteksi pada pasien COVID-19. Meskipun demikian, bahkan jika seseorang mungkin merasa sulit untuk membedakan antara gejala flu dan COVID-19, kehilangan penciuman dapat menjadi indikator yang memungkinkan untuk gejala yang terakhir.

Ilustrasi hidung penciuman

Photo :
5 Tips Aman Memulai Investasi Uang, Langkah Cermat untuk Kesuksesan Finansial

Pasca COVID-19

Long COVID adalah kondisi yang paling umum pada pasien yang dirawat di rumah sakit atau menderita infeksi COVID yang parah. Sekarang, terbukti bahwa COVID-19 dapat memengaruhi reseptor penciuman kita dan membawa perubahan pada organ indera kita. 

Meskipun mekanisme ini belum sepenuhnya dipahami, diyakini bahwa virus SARs-COV-2 menginfeksi sel-sel yang mendukung neuron di hidung, yang menyebabkan hilangnya penciuman.

Bagi kebanyakan orang, begitu mereka mulai pulih, dalam satu atau dua minggu, indera penciuman mereka kembali. Namun, penelitian telah menunjukkan implikasi yang lebih parah dari hal yang sama. 

Pasca covid-19

Photo :
  • Times of India

Sebuah tim peneliti di Universitas Washington di St. Louis telah menemukan bahwa sekitar 700.000 hingga 1,6 juta orang di Amerika Serikat telah kehilangan atau mengalami perubahan indera penciuman mereka yang bertahan selama lebih dari enam bulan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery mempelajari laporan terbaru kasus COVID-19 di AS dengan bantuan Proyek Pelacakan COVID, melihat kasus yang dilaporkan antara 13 Januari 2020, hingga 7 Maret.

2021, setelah itu penelitian membandingkan tingkat infeksi dengan data dari dua penelitian lain yang menunjukkan bahwa 52,7 persen orang dengan virus corona telah kehilangan indra penciuman, di mana 95,3% telah pulih darinya.

Dengan temuan ini, para peneliti dapat memperkirakan jumlah orang yang mengalami disfungsi penciuman (OD), tetapi tampaknya tidak pernah mendapatkannya kembali.

Sesuai para ahli, data ini menunjukkan kekhawatiran kesehatan masyarakat yang muncul dari OD dan kebutuhan mendesak untuk penelitian yang berfokus pada pengobatan COVID-19 COD.

Dalam banyak kesempatan, penulis studi Jay F. Piccirillo, MD, profesor dan wakil ketua penelitian di Departemen Otolaringologi - Bedah Kepala dan Leher di Fakultas Kedokteran Universitas Washington mengatakan bahwa ada peningkatan yang cukup besar dalam jumlah pasien mencari perhatian medis untuk disfungsi penciuman, yang menurut dokter adalah apa yang mengarahkan mereka untuk mempelajari masalah kesehatan ini lebih lanjut dan rinci.

Gejala ringan

Sementara kehilangan penciuman dipandang sebagai gejala ringan COVID-19, sesuatu yang tidak memiliki konsekuensi fatal, banyak orang mengabaikan banyak masalah yang muncul dengannya. 

Terlepas dari fakta bahwa kehilangan penciuman itu sendiri merupakan pengalaman yang menyedihkan, diyakini berdampak pada kehidupan individu yang terkena dampak dalam berbagai cara.

Salah seorang penelitia Dr. Piccirillo mengatakan bahwa kehilangan penciuman adalah masalah kesehatan masyarakat yang muncul tidak hanya karena kerusakan fisik yang ditimbulkannya, tetapi juga karena hal itu memengaruhi berbagai aspek kehidupan pasien yang berbeda.

Banyak survei dan penelitian menemukan bahwa hilangnya penciuman akibat COVID-19 dapat mengganggu kebiasaan makan dan menyebabkan penurunan berat badan. Konon, orang terus berjuang untuk makan karena bau yang terdistorsi dan kurangnya kesenangan indera.

Bisakah penciuman kembali

Sampai sekarang, sayangnya tidak ada pengobatan potensial untuk disfungsi penciuman kronis (COD). Tidak ada terapi atau obat khusus yang menjanjikan kesembuhan. 

Namun, pelatihan penciuman dikatakan sebagai obat alami yang efektif. Ini melibatkan penciuman serangkaian empat bau yang kuat, lebih disukai minyak esensial. 

Setiap aroma perlu diendus setidaknya selama 15 hingga 20 detik. Pelatihan penciuman secara teratur terbukti efektif, namun konsistensi sangat penting. Mencium empat bau yang sama berulang kali dikatakan paling efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya