Nagita Slavina Lahiran Anak Kedua, Ini 8 Tips Pemulihan Pasca Caesar

Nagita Slavina Menggendong Baby R
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Pasangan suami istri Nagita Slavina dan Raffi Ahmad telah menyambut anak keduanya yang lahir pada hari ini, Jumat, 26 November 2021. Ada pun kelahiran adik Rafathar itu disambut dengan bahagia oleh keluarga besar Raffi dan Nagita.

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan

Meski begitu, Gigi, sapaannya, belum sepenuhnya pulih lantaran menjalani persalinan secara caesar atau sesar. Bahkan, Gigi nampak 'engap' usai menjalani persalinannya dan masih terbaring di ranjang Rumah Sakit Bunda Jakarta. 

Bicara soal persalinan caesar, pada dasarnya memang butuh pemulihan yang cukup lama. Dikutip dari laman Medical News Today bahwa pemulihan penuh dari operasi caesar membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Namun setiap orang berbeda, dan banyak penelitian menunjukkan waktu pemulihan yang jauh lebih lama. Beberapa penelitian, misalnya, telah menemukan bahwa 60 persen wanita mengalami rasa sakit pada sayatan dalam 24 minggu setelah melahirkan.

Keluhan Pasca Persalinan Caesar
24 jam pertama setelah operasi Caesar menghadirkan banyak tantangan yang sama seperti persalinan pervaginam. Orang yang menjalani persalinan sesar menghadapi tantangan tambahan. Berikut keluhan yang paling sering dialami ibu pasca persalinan caesar.

Kiky Saputri Singgung Ayu Ting Ting di Depan Raffi Ahmad, Ekspresi Nagita Slavina Bikin Salah Fokus

Bekuan Darah
Salah satu risiko terbesar dari operasi cesar adalah mengembangkan bekuan darah di kaki. Ini lebih mungkin terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau yang tetap tidak bergerak untuk waktu yang lama.

Wanita yang tidak dapat berjalan mungkin memiliki borgol khusus di kaki mereka yang dirancang untuk menjaga darah tetap mengalir. Jika tidak, jika mereka bisa berjalan, penting bagi mereka untuk bangun dan bergerak secepat mungkin.

Kram
Dalam 24 jam pertama, biasanya terasa sakit di tempat sayatan. Banyak wanita juga merasakan kram pasca melahirkan karena rahim menyusut. Sensasi ini terasa mirip dengan kram menstruasi, tetapi mungkin lebih intens.

ilustrasi operasi caesar.

Photo :
  • U-Report

Waspadai Infeksi
Seorang perawat atau dokter akan dengan hati-hati memantau sayatan sesar untuk tanda-tanda infeksi. Mereka juga akan memeriksa pendarahan vagina.

Bahkan setelah operasi caesar, rahim harus melepaskan sisa kehamilan. Pendarahan vagina biasanya berlangsung 4 sampai 6 minggu setelah lahir dan paling berat selama hari-hari pertama.

Tips Pemulihan Pasca Caesar
Lantaran banyaknya keluhan pasca persalinan caesar, para ibu wajib memahami cara pemulihan yang tepat. Hal terpenting yang dapat dilakukan seseorang untuk pulih lebih cepat adalah berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

Mereka harus mengajukan banyak pertanyaan tentang apa yang diharapkan, kemudian mengikuti rekomendasi yang mereka terima. Untuk itu, di bawah ini terdapat 8 tips untuk pemulihan yang lebih cepat dikutip dari laman Medical News Today.

1. Istirahat yang Cukup
Istirahat sangat penting untuk pemulihan dari operasi apa pun. Namun bagi banyak orang tua baru, istirahat hampir tidak mungkin dilakukan dengan bayi yang baru lahir di rumah.

Bayi yang baru lahir memiliki jam tidur yang tidak teratur dan mungkin hanya tidur selama 1 atau 2 jam setiap kalinya.

Orang harus selalu mencoba untuk tidur ketika bayi tidur, atau mendapatkan bantuan dari orang yang dicintai sehingga mereka dapat tidur siang. Sangat mudah untuk merasa kewalahan dengan tugas-tugas atau ingin menghibur pengunjung.

2. Minta Bantuan
Bayi baru lahir banyak menuntut. Merawat bayi setelah operasi besar bisa melelahkan, dan tidak mungkin bagi semua orang tua baru untuk menangani ini sendirian.

Mintalah bantuan dari pasangan, tetangga, keluarga, atau teman yang bisa dipercaya.

3. Proses emosi Anda
Melahirkan bisa menjadi pengalaman emosional bagi semua yang terlibat. Wanita yang mengalami persalinan darurat atau kelahiran traumatis, serta mereka yang menjalani persalinan sesar yang ingin mereka hindari, mungkin harus memproses emosi yang sulit tentang kelahiran.

Perasaan baru ini dapat membuat transisi menjadi orang tua lebih sulit daripada bagi orang lain, dan dapat memicu perasaan seperti rasa bersalah dan malu.

Banyak orang mendapat manfaat dari mendapatkan bantuan untuk memproses emosi ini. Bicaralah dengan pasangan, teman, atau terapis.

Dapatkan Dukungan dini dapat membantu mengurangi risiko depresi pascapersalinan dan dapat membantu wanita yang mengalami depresi pascamelahirkan untuk mendapatkan perawatan yang lebih cepat.

4. Jalan-jalan Secara Teratur
Mengangkat dan latihan aerobik yang intens sebaiknya tak dilakukan selama beberapa minggu pertama pemulihan. Sebagai alternatif, jalan kaki dapat membantu Anda tetap bugar dan menjaga kesehatan mental yang baik.

Berjalan-jalan juga mengurangi risiko pembekuan darah dan masalah jantung atau pembuluh darah lainnya.

Beberapa orang tua baru suka berjalan dengan orang tua baru lainnya sebagai bagian dari kelompok, atau bertemu dengan tetangga untuk mendorong bayi mereka di kereta dorong mereka.

5. Kelola Rasa Sakit
Tidak perlu merasa sakit saat berjuang dengan semua tuntutan lain dari pengasuhan baru. Orang harus mengambil penghilang rasa sakit yang diresepkan oleh dokter mereka.

Jika mereka tidak bekerja atau jika rasa sakitnya semakin parah, mereka harus menghubungi penyedia layanan kesehatan untuk meminta nasihat.

6. Perhatikan Tanda-tanda Infeksi
Beberapa dokter akan meminta orang tua baru untuk mengukur suhu mereka sendiri setiap 24 jam untuk memantau tanda-tanda infeksi. Orang dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk menanyakan apakah ini strategi yang baik.

Juga, orang harus memperhatikan tanda-tanda infeksi lainnya, seperti pembengkakan, rasa sakit yang hebat, garis-garis merah yang berasal dari sayatan, atau kedinginan. Hubungi dokter atau pergi ke ruang gawat darurat jika gejala ini muncul.

7. Melawan Sembelit
Kombinasi perubahan hormonal, otot perut yang lebih lemah, dan menghabiskan banyak waktu berbaring dapat menyebabkan sembelit. Konstipasi parah bisa menyakitkan, dan mengejan bisa melukai sayatan C-section.

Minumlah banyak air dan tanyakan kepada dokter tentang penggunaan pelunak feses. Makan banyak makanan kaya serat, seperti buah dan sayuran, dapat membantu mencegah sembelit.

8. Dapatkan Dukungan untuk Menyusui
Memiliki operasi caesar terkait dengan risiko yang lebih tinggi dari kesulitan menyusui. Konsultan laktasi dapat membantu orang tua baru untuk berhasil menyusui, bahkan ketika mereka menghadapi hambatan, seperti perpisahan dari bayi setelah lahir. Jika menyusui tidak berjalan dengan baik, jangan sungkan meminta bantuan.

Duduk di kursi yang nyaman dan mendukung dan menggunakan bantal menyusui, atau menyusui dalam posisi santai, posisi berbaring dapat membuat menyusui lebih mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya