5 Trik Cegah Stres Saat Kembali Kerja di Kantor

Stres
Stres
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Setelah lebih dari satu tahun bekerja jarak jauh yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, pemerintah sudah mulai memperbolehkan bekerja dari kantor atau work from office (WFO). Meski masih sesekali WFO, tentu tubuh Anda membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan baik.

Dikutip dari laman Very Well Mind, Sekitar dua pertiga pekerja mengatakan mereka khawatir tentang transisi, menurut survei terhadap 1.000 pekerja penuh dan paruh waktu. Sebanyak 29% menghargai fleksibilitas dan keamanan kerja jarak jauh.

Namun, banyak karyawan juga khawatir kehilangan manfaat bekerja dari jarak jauh terkait kesehatannya. Meski sudah divaksinasi, tentu akan ada rasa khawatir dan takut yang melanda. Untuk itu, protokol kesehatan tetap harus diperketat.

“Sebagian besar pasien saya yang dapat bekerja dari rumah menghargai manfaat fleksibilitas dan waktu perjalanan nol. Beberapa dari mereka melaporkan lebih banyak produktivitas saat bekerja sendiri di rumah, dan menganggap interaksi sosial di tempat kerja sebagai hal yang menyusahkan atau mengganggu," kata psikiater dewasa dan anak dari Psikiatri Komunitas, Rashmi Parmar, MD.

Kendati begitu, banyak juga pekerja menantikan untuk berhubungan kembali dengan rekan kerja dan rasa normal di tempat kerja. Menurut seorang psikolog berlisensi dan direktur pendiri The Metamorphosis Center for Psychological and Physical Change, Renee A. Exelbert, PhD, beberapa karyawan sangat ingin kembali normal, terutama jika mereka telah merawat anak kecil di rumah selama jam kerja, dan mendambakan stimulasi dan rutinitas orang dewasa.

“Pada umumnya, saya telah melihat sebagian besar individu mengungkapkan keinginan untuk semacam model kerja hibrida ke depan, seperti tiga hari di kantor, dua hari di rumah," tuturnya.

Baik Anda kembali ke kantor penuh waktu atau hanya beberapa hari dalam seminggu, perubahan dari rutinitas tentu mencetuskan kekhawatiran hingga stres. Nah, untuk mencegahnya, mulailah dengan berfokus pada hal-hal positif yang bisa datang dengan kembali ke kantor.