Gemar Konsumsi Kopi, Manfaatnya Ampuh Cegah Diabetes

Secangkir kopi hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kopi saat ini tengah menjadi minuman kekinian di Indonesia yang digandrungi oleh berbagai usia. Terlebih, kopi sudah terbukti mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan mulai dari kanker, depresi, hingga diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dikutip dari laman Healthline, salah satu penelitian menarik yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kopi sebenarnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Ini adalah kabar baik bagi kita yang tidak dapat menghadapi hari sampai kita mendapatkan secangkir kopi.

Manfaat kopi bagi kesehatan untuk diabetes berbeda dari kasus ke kasus. Para peneliti di Harvard melacak lebih dari 100.000 orang selama sekitar 20 tahun.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Cegah diabetes

Photo :
  • U-Report

Mereka berkonsentrasi pada periode empat tahun, dan kesimpulan mereka kemudian dipublikasikan dalam studi tahun 2014 ini.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Para peneliti itu menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi lebih dari satu cangkir per hari memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Namun, orang yang mengurangi asupan kopi sebanyak satu cangkir per hari meningkatkan risiko terkena diabetes sebesar 17 persen. Tidak ada perbedaan pada mereka yang minum teh.

Sebuah studi yang lebih baru dari tahun 2018 menunjukkan bahwa efek jangka panjang dari kopi dan kafein dapat dikaitkan dengan penurunan risiko pradiabetes dan diabetes. Pada akhir studi empat minggu, mereka yang mengonsumsi lebih banyak kopi memiliki jumlah insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka. Hal ini terjadi bahkan ketika puasa.

Manfaat kopi

Tentunya, manfaatnya tidak sama untuk minuman kopi dengan pemanis tambahan atau produk susu. Bicara soal kopi, dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Industri kopi memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang di Indonesia. 

Ilustrasi kopi/kopi hitam.

Photo :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

Tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha kopi menjadi salah satu buktinya. Perkembangan pesat industri kopi lokal dapat dilihat melalui bertambah banyaknya coffee roaster, baik berskala kecil maupun besar yang hadir.

Maka dari itu Jakarta Coffee Week (Jacoweek) menjadi wadah yang tepat bagi mereka untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk terbaik mereka.

Ajang perayaan kultur kopi spesialti ini selalu dibanjiri oleh peminat kopi yang tak hanya datang dari Jakarta saja tapi juga dari kota-kota tetangga.

Para penikmat kopi, barista dan ahli kopi terbaik, merek-merek kopi lokal yang paling terkemuka, produsen dan distributor mesin kopi, bahkan petani-petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia – bergabung semua di acara kopi terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

“Tema Livin’ Jacoweek 2021 tahun ini adalah ‘Let’s Get Together Again’. Melalui tema ini, kami ingin mengajak teman-teman UMKM di industri kopi dari hulu hingga ke hilir untuk maju dan bangkit bersama. Kehadiran Livin’ Jacoweek 2021 secara offline, diharapkan bisa menjadi suatu platform berkelanjutan sekaligus perwujudan dari kekompakan dan kebersamaan dari para penikmat kopi maupun pelaku industri kopi, teh, dan coklat, baik berskala besar maupun kecil,” kata Hendri Kurniawan selaku Co-Founder Jakarta Coffee Week.

#Jacoweek2021 yang digelar selama 3 hari, yaitu Jumat, 26 November 2021 - Minggu, 28 November 2021, bertempat di Atrium GF Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Setiap harinya, Jakarta Coffee Week 2021 akan berlangsung dari pukul 10.00 – 22.00 WIB yang dibagi menjadi 6 sesi dimana setiap 1 sesi terdiri dari 2 jam, dengan harga tiket Rp20.000 per pax yang bisa dibeli secara online di www.lakkon.id dari  23-25 November 2021 maupun penjualan tiket on the spot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya