Gemar Konsumsi Kopi, Manfaatnya Ampuh Cegah Diabetes

Secangkir kopi hitam.
Secangkir kopi hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kopi saat ini tengah menjadi minuman kekinian di Indonesia yang digandrungi oleh berbagai usia. Terlebih, kopi sudah terbukti mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan mulai dari kanker, depresi, hingga diabetes.

Dikutip dari laman Healthline, salah satu penelitian menarik yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kopi sebenarnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Ini adalah kabar baik bagi kita yang tidak dapat menghadapi hari sampai kita mendapatkan secangkir kopi.

Manfaat kopi bagi kesehatan untuk diabetes berbeda dari kasus ke kasus. Para peneliti di Harvard melacak lebih dari 100.000 orang selama sekitar 20 tahun.

Cegah diabetes

Cegah diabetes

Photo :
  • U-Report

Mereka berkonsentrasi pada periode empat tahun, dan kesimpulan mereka kemudian dipublikasikan dalam studi tahun 2014 ini.

Para peneliti itu menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi lebih dari satu cangkir per hari memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Namun, orang yang mengurangi asupan kopi sebanyak satu cangkir per hari meningkatkan risiko terkena diabetes sebesar 17 persen. Tidak ada perbedaan pada mereka yang minum teh.