Waspadai, Gejala Varian COVID-19 Baru Omicron

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/mattthewafflecat

VIVA – Dunia harus kembali dihadapkan dengan mutasi virus COVID-19 baru B.1.1.529. Jumat 26 November kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan varian B.1.1.529 yang terdeteksi di Afrika Selatan sebagai "variant of concern" SARS-CoV-2.

WHO juga menjelaskan bahwa varian B.1.1.529 yang disebut Omicron itu menunjukkan varian berbahaya yang dapat menyebar dengan cepat.

Selain itu, diketahui pula varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu menyebabkan penyakit parah atau menurunkan efektivitas vaksin atau perawatan.

Lantas gejala apa yang perlu diperhatikan dari varian Omicron ini?

Terkait hal itu, dokter asal Afrika Selatan yang telah praktik selama 30 tahun yang mengepalai Asosiasi Medis Afrika Selatan (SAMA), Angelique Coetzee, mengatakan bahwa gejala dari varian Omicron tidak biasa tapi ringan pada pasien ringan.

Namun dokter yang pertama kali telah memperingatkan adanya varian Omicron ini khawatir jenis varian ini dapat menyebabkan komplikasi pada orang tua dan orang yang tidak divaksinasi.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

Angelique Coetzee, mengatakan dia yakin telah menemukan jenis virus baru setelah pasien COVID-19 di praktik pribadinya di Pretoria, pasien itu kata dia menunjukkan gejala aneh.