Menkes Tegaskan Saat Ini Varian Omicron Belum Ada di Indonesia

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan perkembangan terkini mengenai penyebaran varian Omicron. Varian Omicron diketahui pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada awal November ini.

Hingga saat ini, Budi memastikan bahwa varian Omicron ini belum terdeteksi masuk ke Indonesia.

"Sampai sekarang Indonesia belum teramati adanya varian omicron ini," kata Budi Gunadi dalam Virtual Conference, Minggu 28 November 2021.

Meski begitu, Menkes mengatakan pemerintah akan memperketat pengawasan di pintu masuk di Indonesia.

Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki riwayat perjalanan dari negara/wilayah Afrika Selatan dan Botswana serta negara yang berdekatan secara geografis seperti Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini dan Lesotho akan dikarantina selama 14 hari.

Selain itu juga, pemerintah juga akan meningkatkan karantina bagi WNA dan WNI yang dari luar negeri di luar dari negara yang masuk daftar tadi menjadi 7 hari dari sebelumnya 3 hari.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/geralt

"Siapa saja yang banyak penerbangannya datang ke Indonesia. Dan kita melakukan ini bukan hanya untuk pelabuhan udara, tapi juga perbatasan pelabuhan laut dan darat karena pengalaman kita di delta justru masuknya dari laut, jadi kita jaga di sana," kata Menkes.