Gejala Varian COVID-19 Omicron, Tak Ada Anosmia

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Varian COVID-19 teranyar B.1.1.529 atau disebut dengan Omicron membuat dunia khawatir akan penyebarannya yang kian meluas. Kini setelah beberapa pasien teridentifikasi varian baru itu, para peneliti mulai mencoba mempelajari gejala yang ditimbulkan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kemungkinan munculnya varian baru pertama kali ditandai oleh dokter Angelique Coetzee, ketika serangkaian pasien datang ke praktiknya dengan gejala COVID-19 yang tidak ada sebelumnya. Tak satu pun dari mereka menunjukkan hilangnya rasa atau bau yang sebelumnya menjadi gejala khas COVID-19.

"Virus ini menimbulkan (gejala seperti) penyakit ringan dengan gejala nyeri otot dan kelelahan, selama satu atau dua hari tidak enak badan," kata dokter Coetzee kepada Telegraph, dikutip dari laman Express, Senin, 29 November 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Mereka mungkin batuk ringan, tidak ada gejala yang menonjol," imbuhnya.

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik/pikisuperstar
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dokter Coetzee menekankan dalam sebuah pengarahan kepada asosiasi medis Afrika lainnya bahwa pasiennya semua sehat dan bahwa varian baru ini mungkin jauh lebih berbahaya bagi orang tua. Risiko terbesar adalah orang tua dengan kondisi mendasar yang diketahui seperti hipertensi, diabetes atau penyakit jantung.

“Yang harus kita khawatirkan sekarang adalah ketika orang tua yang tidak divaksinasi terinfeksi varian baru, dan jika mereka tidak divaksinasi, kita akan melihat banyak orang dengan penyakit parah,” katanya lagi.

Sebagian besar pasien di klinik dokter Coetzee adalah pria muda dan setengahnya belum divaksinasi. Seorang pasien, yakni gadis enam tahun digambarkan memiliki gejala yang sangat menarik usai teridentifikasi varian baru itu.

Ilustrasi virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik/freepik

Anak itu menunjukkan suhu dan denyut nadi yang sangat tinggi yang hampir memerlukan rawat inap. Ketika dokter Coetzee menindaklanjuti beberapa hari kemudian, anak itu sudah pulih.

Ada pun serangkaian mutasi yang ada pada Omicron Coronavirus telah menimbulkan kekhawatiran bahwa ia mungkin dapat menghindari vaksin. Seorang ahli virologi Johannesburg, Penny Moore, mengatakan bahwa ada laporan infeksi ulang yang terisolasi tetapi pada tahap ini terlalu dini untuk mengatakan apa pun.

Diketahui, profil mutasi Omicron telah dianalisis dengan sekuensing genom dan telah ditemukan memiliki lebih dari 30 perubahan pada protein lonjakan. Ini adalah protein yang ditargetkan oleh respons imun tubuh, yang berarti bahwa jika terlalu banyak berubah, tidak akan lagi terpengaruh oleh antibodi dan vaksin yang ada saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya