Bahaya Varian COVID Omicron, Ini 4 Cara Tepat Pilih Sanitizer

Mencuci tangan
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Ancaman gelombang ketiga COVID-19 seolah akan menjadi nyata lantaran hadirnya varian baru yakni B.1.1.529 atau disebut Omicron. Tak heran, pencegahan kerap dilakukan utamanya melalui pemakaian masker dan mencuci tangan serta menjaga personal hygiene.

BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Kebijakan Restrukturisasi Kredit Terdampak COVID-19

Untuk itu, baik itu hand sanitizer maupun surface sanitizer bisa dikategorikan menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat karena berperan penting terhadap kebiasaan baru dalam upaya menjaga kebersihan untuk pencegahan COVID-19. Ketika bepergian, hand sanitizer menjadi salah satu benda wajib yang harus ada di setiap tas dan mobil. 

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat
Beredar Petugas Pemilu di Depok Jadi Suspek COVID-19, Ini Penjelasan Wali Kota

Di rumah pun, sanitizer terlihat hampir di setiap sudut ruangan. Namun, memilih sanitizer tak bisa asal ambil dan pakai agar tetap memaksimalkan perlindungan. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mencegah penularan dan menjaga personal hygiene? Berikut ulasannya berdasarkan siaran pers Klarens Anti Bacterial Sprist dan Klarens Home Bacterial Spray.

Alkohol minimal 60 persen

Terpopuler: WHO Peringatkan Bahaya Penyakit X, Persiapan Miss Indonesia di Miss World 2024

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., menjelaskan bahwa pada dasarnya hand sanitizer adalah produk alternatif apabila kita tidak dapat mencuci tangan langsung dengan sabun dan air mengalir. Agar efektif mencegah infeksi COVID-19, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen.

"Proses denaturasi alkohol dapat menonaktifkan sejumlah mikroba seperti virus dan bakteri dengan cara menguraikan proteinnya. Protein yang sudah terurai itu akan saling menempel, sehingga virus atau bakteri bisa lumpuh," ujar Prof Zullies.

Bukan sembarang alkohol

Namun masyarakat juga harus waspada akan kandungan senyawa alkohol yang terdapat pada hand sanitizer yang beredar. Prof Zullies menegaskan bahwa masyarakat harus mengenali produk alkohol yang tepat dan aman untuk sanitizer agar tak membahayakan.

"Hindari produk yang mengandung metanol atau dikenal sebagai alkohol kayu, karena biasanya senyawa ini digunakan untuk pelarut cat sehingga bersifat iritatif terhadap kulit dan beracun," tuturnya.

FDA Amerika Serikat dan HSA Singapore telah menarik sejumlah produk hand sanitizer yang positif mengandung metanol dan dinilai bahaya apabila digunakan secara intens dalam kurun waktu panjang. Pastikan hand sanitizer yang anda pilih mengandung setidaknya 60% etanol, sehingga efektivitas dalam melumpuhkan virus sekaligus tetap aman ketika terserap kulit.

Nyaman di kulit

Seringkali kandungan alkohol membuat sanitizer yang dipakai berulang kali tak memberi rasa nyaman. Tak sedikit bahkan yang mengeluhkan kulit tangan yang kasar dan tidak lagi lembab usai memakai sanitizer. Maka dari itu, Klarens Anti Bacterial Sprist dengan konsep kemasan spray-mist yang diformulasikan dengan 73 persen etanol yang food grade, Castor Oil dan Vitamin E sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal.

"Tidak membuat kulit kering meskipun sering digunakan, dapat digunakan untuk anak di atas 1 tahun, dan dapat digunakan untuk permukaan benda-benda sekitar juga," ujar Creative Director Klarens Indonesia, Adi Prabowo Sonorukminto.

Efek relaksasi

Pandemi COVID-19 dinilai memicu rasa kecemasan masyarakat meningkat. Untuk itu, butuh banyak cara dalam meredamnya termasuk pemakaian aromatherapi yang mampu menenangkan jiwa.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah sanitizer yang menggunakan aroma menenangkan agar melindungi maksimal sekaligus memberi efek rileks. Sebut saja Klarens Sprist memberikan sensasi aromaterapi dari dua pilihan aroma, Geranium Sea Salt dan Sandalwood.

Proses relaksasi di spa.

Photo :
  • Pixabay

"Geranium dikenal sebagai anti depresan, dipadukan dengan Seasalt yang menyegarkan menghasilkan aroma relaksasi yang menyenangkan. Sedangkan Sandalwood atau cendana memiliki aroma luar biasa untuk relaksasi dan mengurangi gejala kecemasan," kata dia.

Selain itu, Klarens Home Antibacterial Spray, mengandung 73% etanol dengan Castor Oil dan Vitamin E yang akan memberikan perlindungan terhadap kuman. Juga, tetap lembut di kulit, dan dapat digunakan juga untuk membersihkan permukaan benda-benda di rumah. 

"Dengan wangi Lemongrass yang mampu meredakan stres dan kecemasan, Klarens Home Antibacterial Spray menjadi produk andalan favorit keluarga di rumah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya