Ini Vaksin Booster Paling Kuat Lawan Varian Omicron Menurut Ahli

Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Varian baru COVID-19, Omicron, dapat bermutasi yang kemungkinan dapat mengakali beberapa respons imun yang ditawarkan dari vaksin saat ini. Inggris, adalah salah satu negara yang menyatakan siaga tinggi setelah kasus varian baru yang berasal dari Afrika Selatan itu terdeteksi.

Sebagai pencegahan, vaksinasi booster diperluas untuk semua orang dewasa di atas 18 tahun, sebagai upaya untuk memperkuat pertahanan orang-orang dari varian ini.

"Vaksin yang digunakan di Inggris dan secara global telah dirancang untuk melawan jenis liar (virus corona) namun tidak direkayasa untuk varian baru," ujar Profesor Wei Shen Lim, Ketua Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) Inggris, dikutip dari laman Express, Selasa 30 November 2021.

Profesor Lim menambahkan, semakin besar 'ketidakcocokan' antara vaksin dan varian Omicron, maka akan meningkatkan kemungkinan lolosnya kekebalan.

Ilustrasi vaksin COVID-19.

Ilustrasi vaksin COVID-19.

Photo :
  • Pixabay/pearson0612

Namun menurut dia, vaksin booster dapat meningkatkan respons kekebalan, sehingga menawarkan senjata terbaik untuk melawan varian baru tersebut. 

Lebih lanjut, Profesor Lim kemudian memberi peringkat tiga vaksin utama yang saat ini digunakan di Inggris, untuk mengukur kemampuannya dalam meningkatkan respons kekebalan tubuh.