Antisipasi Badai COVID-19, Dinkes DKI Besut Inovasi Ambulans Cepat

Ilustrasi Pasien covid-19
Ilustrasi Pasien covid-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dinas Kesehatan DKI Jakarta membesut inovasi baru yakni JAKFIR (Jakarta Ambulance dan First Responder). Inovasi itu ditujukan untuk memberi kemudahan akses kegawatdaruratan dan penanganan respons kegawatdaruratan sedini mungkin dengan pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Inovasi baru itu berhasil meraih Platinum Award Kategori Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dalam Indonesia Healthcare Innovation Awards V-2021. Dokter Winarto, MARS berharap agar inovasi ini dapat mempercepat respons time penanganan kegawatdaruratan, mengurangi angka kematian dan angka kecacatan. 

“Semoga inovasi kami bermanfaat dan berguna untuk masyarakat luas serta menginspirasi daerah lain untuk meciptakan inovasi tersebut atau bahkan mereplikasinya,” ujarnya dalam keterangan persnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum IndoHCF, Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder bidang kesehatan yang berusaha terus menciptakan berbagai inovasi selama Pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Supriyantoro sempat berpikir bahwa jumlah inovasi yang lahir selama pandemi COVID-19 akan sangat sedikit akibat terbatasnya ruang dan waktu selama pemberlakuan kebijakan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat

“Ternyata perkiraan saya salah. Sebaliknya, selama pandemi sangat banyak inovasi-inovasi di bidang kesehatan yang berhasil ditelurkan anak-anak bangsa. Ini menjadi bukti bahwa orang-orang Indonesia tidak kalah kreatif dan inovatif dengan negara lain. Indonesia bisa menciptakan inovasinya sendiri,” ujarnya.