Waspada, Varian COVID Omicron Rentan Intai Usia Muda

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Varian virus corona baru, Omicron, telah menimbulkan kekhawatiran baru di dunia tepat menjelang akhir tahun. Terlebih, para pakar belum dapat memberi detail mengenai gejala yang ditimbulkan dan kelebihan dari varian B.1.1.529 tersebut.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Varian baru omicron memicu banyak negara melakukan penutupan pada perbatasan, khususnya benua Afrika, yang menjadi tempat pertama kali terdeteksinya mutasi COVID-19 itu. Pemerintah RI juga melarang masuknya warga negara asing yang berasal dari Afrika.

Sayangnya, para pakar belum mampu mengidentifikasi gejala khas dari Omicron ini. Terlebih, dunia saat ini sudah didominasi oleh varian delta yang sudah cukup banyak dikenali pakar. Lantas, adakah perbedaan mencolok dari gejala kedua varian ini? Apa yang perlu diwaspadai masyarakat untuk mengenali varian omicron? Berikut ulasannya dikutip dari laman Daily Star.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Penting untuk dicatat bahwa sangat sedikit yang diketahui tentang efek Omicron pada tubuh pada tahap ini, dan gejala-gejala ini mungkin tidak terbukti normal. WHO mengatakan saat ini tidak ada informasi yang menunjukkan gejala yang terkait dengan Omicron berbeda dari varian lainnya.

Gejala ringan

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Namun, dokter Afrika Selatan yang pertama kali melihat munculnya varian baru mengatakan pasien yang dia lihat memiliki gejala yang sangat ringan, meskipun mereka berbeda dengan yang biasa dilaporkan. Misalnya, kelelahan dan detak jantung yang cepat lebih sering dilaporkan sekarang.

Dr Angelique Coetzee, seorang praktisi swasta dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, mengatakan tidak ada pasiennya yang sakit parah, tetapi mereka mengalami nyeri tubuh, tenggorokan gatal, dan sakit kepala.

Perbedaan gejala dengan Delta

Menariknya, Dr Coetzee mengatakan tidak ada pasien Omicron yang melaporkan kehilangan rasa atau penciuman, seperti yang biasa terjadi pada varian delta atau lainnya. Dia juga mengatakan tidak ada penurunan besar dalam kadar oksigen yang terlihat dengan varian baru

Dr Coetzee mengatakan seorang pasien datang ke kliniknya pada 18 November dengan keluhan "sangat lelah" selama dua hari dengan nyeri tubuh dan sakit kepala.

"Gejala pada tahap itu sangat terkait dengan infeksi virus normal. Dan karena kami belum melihat COVID-19 selama delapan hingga 10 minggu terakhir, kami memutuskan untuk menguji. Pasien itu dan keluarganya kemudian menjadi positif," tuturnya.

Pada hari yang sama, lebih banyak pasien datang dengan gejala yang sama, saat itulah dia menyadari ada sesuatu yang lain terjadi. Sejak itu, dia melihat dua hingga tiga pasien setiap hari.

"Kami telah melihat banyak pasien Delta selama gelombang ketiga. Dan ini tidak sesuai dengan gambaran klinis," imbuhnya.

Rentan serang usia muda 

Ilustrasi anak muda.

Photo :
  • Freepik/freepik

Dia kemudian memberi tahu Institut Nasional Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan. Pengalamannya sejauh ini adalah bahwa varian tersebut mempengaruhi orang yang berusia 40 tahun atau lebih muda. Hampir setengah dari pasien dengan gejala Omicron yang dirawatnya tidak divaksinasi.

"Sebagian besar dari mereka melihat gejala yang sangat, sangat ringan dan sejauh ini tidak ada dari mereka yang menerima pasien untuk operasi. Kami telah dapat merawat pasien ini secara konservatif di rumah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya