Ternyata Asam Jawa Berkhasiat Atasi Sembelit Hingga Jerawat Bandel

Asam Jawa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Asam jawa merupakan salah satu buah dengan rasanya yang masam namun ternyata memiliki segudang khasiat. Siapa sangka, asam jawa bisa berfungsi sebagai antidiare hingga pereda jerawat yang membandel. Yuk kita lihat manfaat baik asam jawa!

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Pakar Herbal, dr. Dian Elco Nora MSi., menuturkan bahwa asam jawa memiliki rasa yang menyegarkan di lidah sehingga kerap menjadi penambah cita rasa makanan. Rupanya, asam jawa memiliki khasiat sebagai antidiare sekaligus perlancar kerja usus.

"Asam jawa memang memiliki dua sifat yaitu sebagai anti diare dan bisa merangsang kerja usus. Dengan asam jawa, membantu usus mempercepat penurunan makanan," tuturnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Untuk membantu sistem pencernaan, Anda bisa menyiapkan 1 buah asam jawa, 1 ruas temulawak, serta air mendidih. Temulawak di sini berfungsi meningkatkan pergerakan usus juga sehingga bekerja sinergis dengan asam jawa.

Ilustrasi sembelit

Photo :
  • Times of India
Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

"Seruh air panas secangkir, masukan asam jawa dan temulawak. Tutup 10 menit. Masukan madu atau gula aren untuk menghilangkan rasa pahitnya," ujarnya.

Racikan ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan saat pagi dan siang. Lain halnya dengan pemakaian asam jawa untuk meredakan jerawat. Pada pemakaian topikal atau oles, asam jawa bisa dicampur dengan yogurt dan bubuk kunyit dan aplikasikan 2 kali seminggu.

Sementara untuk resep yang diminum, berfungsi sebagai detoksifikasi racun, termasuk pemicu jerawat. Bahannya pun mudah yakni 1 liter air, 1 ruas temulawak, 10 lembar daun pegagan, 10 lembar sambiloto, dan 3 buah asam jawa.

"Didihkan dengan api kecil 15 menit sampai jadi 3 gelas. Tambah gula aren jelang diangkat," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya