dr Zaidul Akbar: Pencernaan Sehat, Badan Bersih, Cukup Pakai Nanas

dr Zaidul Akbar
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Sejumlah buah diketahui baik untuk melancarkan pencernaan. Beberapa yang sudah terkenal antara lain, pisang, pepaya, plum, jeruk, apel, buah beri, kiwi dan alpukat.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Tapi siapa sangka, ternyata nanas juga menjadi salah satu buah yang baik untuk pencernaan. Bahkan, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar menyebutkan bahwa nanas adalah makanan terbaik untuk pencernaan kita. 

"Nanas ini subhanallah, salah satu makanan terbaik untuk pencernaan kita sebenarnya," ujar dokter Zaidul dalam video yang diunggah di Youtube Bamol TV, dikutip VIVA, Rabu, 1 Desember 2021. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Lebih lanjut, Zaidul turut memberikan resep dengan bahan dasar nanas untuk memperbaiki sekaligus menyehatkan pencernaan. 

"Misalkan nanas Anda potong-potong kecil lalu dikasih madu sedikit aja, kasih garam, atau tambahkan sedikit lada hitam, itu akan menjadi makanan untuk pencernaan," terang Zaidul Akbar.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi buah nanas

Photo :
  • Pixabay/GregMontani

Nah, selain daging buahnya, ternyata bagian tengah atau bonggol nanas juga dijadikan sebagai obat alergi dan sinus. Bagaimana cara mengolahnya? 

"Bonggol ini mengandung bahan anti alergi yang sangat baik. Jadi bonggolnya kalau Anda masukin (ke blender), campur air, lalu Anda blender dengan habbatussauda, dia akan jadi obat sinus dan obat alergi paling baik. Makanya kalau makan nanas, jangan buang bonggolnya," saran dia. 

Selain nanas, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu juga membahas mengenai manfaat air kelapa, yang ternyata manfaatnya akan berbeda jika dicampur dengan rimpang. 

"Air kelapa itu kalau ketemu dengan rimpang, itu efeknnya beda. Ketika Anda blender air kelapa sama kunyit, atau air kelapa sama jahe, beda manfaat. Dan tinggal Anda tambahkan sedikit garam, atau Anda tambahkan kurma atau madu. Dia akan menjadi pembersih badan," ungkap dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya