12 Cara Meninggikan Badan Secara Alami, Tidak Butuh Waktu Lama?

Tips menambah tinggi badan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara meninggikan badan menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui oleh semua orang. Karena mempunyai postur tubuh yang tinggi sering menjadi salah satu persyaratan. Tidak heran bila kemudian banyak orang yang mencari caranya dan bahkan ada yang sampai menggunakan obat-obatan. Sejatinya, tinggi badan adalah salah satu faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua. Tapi, faktor lingkungan juga dapat berpengaruh pada tinggi badan seseorang.

Pengadilan Tinggi Tambah Hukuman Biaya Ganti Rugi Johnny Plate, Segini Nilainya

Contohnya ketika kamu mempunyai orang tua dengan postur tubuh kurang tinggi, tapi kamu rajin berolahraga, tidak menutup kemungkinan kamu akan mempunyai postur tubuh yang lebih tinggi dari kedua orang tua. Selain itu, setiap tahun manusia akan menambah tinggi badan sekitar 2 inci mulai dari usia satu sampai masa pubertas. Setelah masa pubertas, tinggi badan akan bertambah menjadi 4 inci per tahun. Nah, berikut adalah ulasan mengenai cara meninggikan badan yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Cara Meninggikan Badan?

IMF Wanti-wanti ASEAN soal Tren Suku Bunga Tinggi hingga 2025

1. Diet Seimbang

Ilustrasi diet

Photo :
  • U-Report
Kepala Kejaksaan Tinggi Ungkap Kondisi Terkini David Ozora Usai Dianiaya Mario Dandy

Pentingnya diet seimbang ditekankan berulang kali. Tidak hanya melakukan olahraga saja yang dapat membantu kamu tumbuh lebih tinggi. Makanlah makanan yang sehat, kaya nutrisi, dan vitamin supaya bisa menyehatkan serta membuat tubuh menjadi semakin tinggi. Jangan lupa untuk menyertakan sayuran hijau, kecambah, dan berbagai jenis sayuran bila kamu ingin tumbuh lebih tinggi.  

2. Tidur Cukup

Ilustrasi tidur.

Photo :
  • Times of India

Semua orang tentunya menyukai tidur dan nikmati jam-jam kebahagiaan tersebut. Tidur malam yang baik bukan hanya bisa menyegarkan semangat kamu, tapi juga merupakan kontributor penting untuk menjaga pertumbuhan. Ketika kamu tidur nyenyak, otak akan melepaskan HGH yang bermanfaat untuk membuat kamu lebih tinggi. Para peneliti menyarankan supaya kamu tidur sesudah berjalan-jalan dan tidurlah selama 8 jam.

3. Pijat Kaki

Pijat Telapak Kaki

Photo :
  • U-Report

Kaki tentunya sebagai tumpuan yang membawa kamu sepanjang hari tanpa lelah. Maka dari itu, kaki juga memerlukan waktu rehat dengan cara dipijat. Sisihkan waktu selama setengah jam untuk memijat telapak kaki dengan lembut memakai minyak kelapa yang hangat. Pijatan ini bukan hanya membantu untuk meringankan rasa sakit di kaki, tapi juga untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga merangsang pelepasan hormon pertumbuhan.

4. Lakukan Peregangan

Ilustrasi Peregangan

Photo :
  • realhomegymreviews.com

Selain berolahraga, kamu juga bisa mencoba cara meninggikan badan dengan melakukan peregangan. Awali pagi kamu dengan melakukan olahraga ringan. Sesuaikan dengan fleksibilitas kamu dalam berolahraga, kamu juga bisa memilih dari latihan peregangan ringan sampai yang intensif. Luangkan waktu sekitar 20 menit untuk melakukan peregangan mulai dari peregangan kucing yang mudah dilakukan. Setelah itu, kamu pasti akan terkejut bahwa stamina dan kekebalan kamu juga akan meningkat.

5. Menggantung di Palang

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Gantungkan tubuh kamu di palang yang setidaknya 2.5 meter di atas tanah merupakan salah satu cara meninggikan badan yang bagus dan alami. Walaupun mungkin terdengar aneh untuk pertama kali, kamu tentunya akan merasa lebih nyaman ketika berlatih. Kamu bisa dengan cara mengambil sarung tangan supaya tidak tergelincir. Kemudian, jangan menekuk punggung ketika menggantung dalam palang. Coba tahan beberapa menit dan tetap berada dalam posisi, lalu kendurkan dan kemudian ulangi setidaknya selama sepuluh menit untuk memperoleh hasil yang optimal.

6. Bersepeda

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Photo :
  • Freepik/prostooleh

Jika kamu mengira bahwa bersepeda adalah cara yang melelahkan, kini kamu punya alasan untuk bersepeda. Latihan aerobik akan membantu kamu untuk mengencangkan otot gluteal, bersepeda juga akan membantu tubuh kamu untuk membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan berperan menjadi latihan peregangan untuk mendorong perkembangan vertikal.

Kendarai sepeda kamu dengan kaki yang rata di pedal, punggung lurus dan tegak, serta kursi dinaikkan ke posisi yang membuat kaki kamu dipaksa untuk terentang sepenuhnya. Kamu juga bisa bergabung dengan klub sepeda bila kamu tidak senang bersepeda sendirian dan lakukan olahraga ini setidaknya selama 45 sampai 60 menit dalam sehari.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat lokal

Photo :
  • U-Report

Makanan siap saji, makan berat sebelum tidur, menghindari olahraga, dan makan tidak teratur semuanya akan merusak kesehatan kamu. Dengan kata lain, kebiasaan tersebut akan menghambat pertumbuhan kamu. Oleh sebab itu, rencakanan diri kamu untuk melakukan kehidupan disiplin dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan orang yang sedang dalam masa pertumbuhan.

8. Berenang

Teknik pernapasan berenang

Photo :
  • pinterest.com

Cara meninggikan badan berikutnya adalah dengan berenang. Hal ini karena berenang akan memaksa dan melatih seluruh otot tubuh sehingga akan merangsang pertumbuhan tinggi badan. Dengan berenang, maka hormon pertumbuhan akan terpacu untuk terus berkembang. Lakukanlah olahraga ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Yoga

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • Pixabay/AndiP

Yoga juga dipercaya bisa memperkuat otot tubuh, menyelaraskan tubuh, dan juga membantu postur tubuh. yoga bermanfaat untuk tubuh supaya bisa berdiri lebih tinggi. Beberapa pose yang sangat populer untuk memperbaiki postur tubuh adalah pose gunung, pose kobra, pose anak, dan pose warrior II.

10. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang salah.

Photo :
  • U-Report

Seiring dengan bertambahnya usia, postur tubuh manusia secara alami akan memendek. Hal ini karena kepadatan tulang semakin menurun, sehingga rangka tubuh tak lagi sekuat dulu ketika menopang beban. Selain itu, kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari juga akan berpengaruh terhadap postur tubuh. contohnya kebiasaan duduk membungkuk. Karena itu, mulai perbaiki postur tubuh supaya tulang belakang makin selaras.

11. Basket

Pertandingan Timnas Basket Indonesia vs Filipina

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Cara meninggikan badan dengan olahraga basket tentunya bukan menjadi rahasia lagi. Ketika berolahraga, kamu harus berlari dan melompat. Kedua gerakan ini diketahui akan meningkatkan aliran darah ke dalam lempeng pertumbuhan yang secara tak langsung bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan badan.

12. Lompat Tali

Lompat tali.

Photo :
  • U-Report

Permainan masa kecil ini nyatanya bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan. Melompat akan membuat tubuh meregang dan berkontraksi sehingga akan membantu untuk meninggikan badan. Selain itu, di telapak kaki juga diketahui mempunyai banyak saraf yang berhubungan dengan bagian atas. Ketika kamu bermain lompat tali, maka otot bagian telapak kaki akan berkontraksi dan meregang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya