Kenali Komplikasi Jangka Pendek Diabetes Tipe 2 dan Gejalanya

Diabetes
Diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diabetes adalah kondisi serius yang dapat memengaruhi Anda dari ujung kepala sampai ujung kaki. Meski begitu, banyak yang tidak menganggap serius masalah kesehatan ini. Bisa jadi karena dalam beberapa dekade terakhir prevalensi kondisi ini meningkat drastis.

Mengelola kadar gula darah, dengan makan sehat, mengikuti gaya hidup sehat dan minum obat tepat waktu adalah hal penting yang harus dilakukan ketika didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Jika dibiarkan tidak dikelola dapat meningkatkan risiko kondisi yang mengancam jiwa.

Ancamannya lebih tinggi bagi mereka yang sudah lama menderita diabetes. Belajar tentang potensi risiko diabetes dapat membantu Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari situasi dan mengelolanya ketika saatnya tiba. 

Berikut beberapa komplikasi yang berhubungan dengan diabetes, dikutip dari Times of India.

?Hipoglikemia

Hipoglikemia disebut sebagai penurunan kadar gula darah di bawah tanda normal. Ketika kadar gula darah turun menjadi 70 mg/dL (miligram per desiliter) atau kurang, itu mengarah pada serangkaian gejala seperti kegoyahan, pusing, dan penyakit akut. 

Penyebab paling umum dari hipoglikemia adalah asupan obat insulin berlebih atau konsumsi karbohidrat yang lebih sedikit dalam sehari. Kedua hal tersebut dapat membawa kadar gula darah ke tingkat yang berbahaya. Jika dibiarkan tanpa pengawasan orang tersebut bahkan bisa mengalami koma. Untuk mencegah kondisi ini, makan karbohidrat dalam jumlah yang cukup dalam sehari dan minum obat sesuai resep dokter.