Nasi Dingin Bagus untuk Diabetes Dibanding yang Panas? Ini Kata Ahli

Ilustrasi nasi.
Ilustrasi nasi.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Banyak fakta dan mitos yang beredar terkait nasi putih. Salah satu yang ramai beredar bahwa nasi putih dingin lebih bagus dan lebih sehat dibanding dengan nasi panas atau hangat. 

Selain itu, nasi putih dingin juga dianggap menjadi pilihan yang lebih sehat untuk para penderita diabetes dibanding dengan nasi putih hangat. Ini mitos atau fakta? 

"Fakta. Kalau sudah dingin itu ada penelitian yang mengatakan dia lebih resisten, jadi dia tidak terlalu dicerna di saluran cerna kita. Dampaknya ada potensi untuk menurunkan indeks glikemik," ujar Spesialis gizi klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis 2 Desember 2021. 

Nasi Panas

Nasi Panas

Photo :
  • vstory

Nah, dokter Marya menjelaskan, biasanya orang-orang yang mengidap diabetes, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah.

"Jadi salah satu solusi, kalau makan nasi, nasinya didinginkan," ungkap dia. 

Kendati demikian, mengonsumsi nasi dingin mungkin tidak terlalu enak dari segi rasa. Maka, Marya mengatakan, ada solusi lain bagi penderita diabetes selain mengonsumsi nasi dingin. Bagaimana caranya?