WHO Sebut Vaksin akan Melindungi dari Penularan Varian Omicron

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ada kabar baik ditengah kehadiran penyebaran COVID-19 varian Omicron. Vaksin kemungkinan akan melindungi dari kasus COVI-19 yang parah dari varian omicron baru.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pernyataan itu diunggkapkan seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia pada Rabu (1 Desember), yang berusaha meredakan kekhawatiran bahwa jenis itu mungkin merupakan alat paling efektif untuk memerangi pandemi.

“Kami tahu bahwa vaksin kemungkinan memiliki perlindungan. Kami masih perlu mencari tahu apakah ada kehilangan perlindungan, tetapi kami pikir vaksin masih akan melindungi terhadap penyakit parah seperti yang mereka miliki terhadap varian lainnya,” kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam konferensi pers, dikutip dari Straits Times.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pernyataan WHO adalah yang terbaru dari serangkaian upaya otoritas kesehatan untuk meyakinkan publik tentang vaksin, meskipun banyak pertanyaan tentang varian baru masih belum terjawab.

Perusahaan-perusahaan  telah mengguncang pasar dengan pernyataan yang terkadang tampak kontradiktif, di mana belum lama ini kepala eksekutif Moderna mengatakan bahwa vaksinasi tambahan mungkin diperlukan. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Baik Universitas Oxford, yang membantu mengembangkan vaksin yang dijual oleh AstraZeneca, dan kepala BioNTech SE, mitra vaksin Pfizer, memperkirakan beberapa perlindungan terhadap Omicron dari inokulasi yang ada.

WHO mengatakan kombinasi cakupan vaksinasi yang rendah di seluruh dunia dan pengujian yang sangat rendah untuk melacak virus adalah tempat berkembang biak yang subur. Badan kesehatan PBB itu juga menekankan bahwa langkah-langkah untuk menghentikan varian Delta yang dominan secara global juga akan menghambat Omicron. 

"Kita perlu menggunakan alat yang sudah kita miliki untuk mencegah penularan dan menyelamatkan nyawa dari Delta. Dan jika kita melakukannya, kita juga akan mencegah penularan dan menyelamatkan nyawa dari Omicron," kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers.

Ia menambahkan, "Tetapi jika negara dan individu tidak melakukan apa yang perlu mereka lakukan untuk menghentikan transmisi Delta, mereka juga tidak akan menghentikan Omicron.

Ilustrasi vaksin COVID-19

Photo :
  • Times of India

"Secara global, kami memiliki campuran beracun dari cakupan vaksin yang rendah dan pengujian yang sangat rendah - resep untuk membiakkan dan memperkuat varian."

"Itulah mengapa kami terus mendesak negara-negara untuk ... memastikan akses yang adil ke vaksin, tes, dan terapi di seluruh dunia."

Omicron di 24 negara

Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November, sedangkan kasus pertama yang dikonfirmasi laboratorium diidentifikasi dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November.

Belanda mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah menemukan varian dalam dua sampel yang diambil pada 19 dan 23 November, satu dari seseorang yang baru-baru ini berkunjung ke Afrika selatan dan yang lainnya tidak memiliki riwayat perjalanan.

Dr Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis COVID-19 WHO, mengatakan jadwal di sekitar deteksi pertama Omicron dapat berubah karena ada tumpukan urutan kasus yang terjadi pada November.

Dr Tedros mengatakan WHO menanggapi kemunculan Omicron "sangat serius", tetapi menambahkan bahwa mutasi "seharusnya tidak mengejutkan kita".

Ia juga mengatakan Omicron ada di setidaknya 24 negara - dengan jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah. Dr Van Kerkhove mengatakan WHO belum mengetahui adanya kematian yang terkait dengan Omicron.

Studi transmisibilitas

WHO mengatakan perlu beberapa minggu untuk menyelesaikan studi Omicron untuk melihat apakah ada perubahan dalam penularan, tingkat keparahan atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan Covid-19.

"Kami berharap mendapatkan lebih banyak informasi tentang penularan dalam beberapa hari; tidak harus berminggu-minggu, tetapi dalam beberapa hari," kata Dr Van Kerkhove.

"Semakin banyak virus ini beredar, semakin banyak infeksi yang akan terjadi. Semakin banyak infeksi, semakin banyak orang akan meninggal, dan ini adalah sesuatu yang dapat dicegah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya