Resep Nasi Liwet Zaidul Akbar, Ringankan Tubuh dan Perbaiki Usus

Ilustrasi Nasi Liwet
Ilustrasi Nasi Liwet
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Dibanding jenis nasi lainnya, nasi putih yang disukai banyak orang, kerap dianggap tidak sehat karena paling minim serat. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah normal, nasi putih tidak akan berdampak buruk bagi tubuh. 

Selain mengukur porsi, menyiasati nasi putih dengan mengolahnya menjadi lebih sehat juga bisa menjadi alternatif yang bagus. Lalu, bagaimana cara mengolah nasi putih menjadi lebih sehat? 

Melalui sebuah tayangan video, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, tidak melarang kita untuk mengonsumsi nasi putih. Namun, penyajian nasi putih harus sedikit diubah. 

"Makan nasi putih boleh gak? Boleh. Tapi coba diubah sedikit nasinya, sehingga gak berat di badan," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @yukbelajarjsr, dikutip VIVA, Jumat 3 Desember 2021. 

Kemudian, praktisi medis itu memberikan resep nasi liwet ala Zaidul Akbar. Bagaimana cara membuatnya? 

"Ambil bawang merah, bawang putih, sereh, itu kalo mau bikin nasi ala-ala saya. Anda tumis dengan minyak zaitun atau tumis dengan minyak kelapa, api kecil saja," kata dia. 

"Tumis pelan aja, sampai ada keluar aroma sedikit, kasih garam sedikit, kasih lada hitam, campurin ke nasinya. Lalu Anda makan dengan sambal terbaik, namanya sambal kurma," ujar dia.