Studi: Apakah Golongan Darah Menentukan Tingkat Keparahan COVID-19?

Golongan darah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – COVID-19 adalah penyakit menular pada sistem pernapasan bagian atas yang menyerang orang-orang dari semua kelompok umur. Tetapi ada beberapa kategori orang yang berisiko lebih tinggi terkena infeksi dibandingkan dengan yang lain. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Virus ini menyebabkan gejala serius pada orang di atas 60 tahun atau dengan kondisi kesehatan seperti penyakit paru-paru atau jantung, diabetes atau kekebalan yang terganggu. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu bahkan mungkin lebih menular bagi orang-orang dengan golongan darah tertentu.

Sebuah studi baru yang dirilis oleh Rumah Sakit Sir Ganga Ram (SGRH) menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A, B dan Rh+ lebih rentan terhadap infeksi Covid-19. Selain itu, mereka yang bergolongan darah O, AB, dan Rh- memiliki risiko infeksi yang lebih rendah, dikutip dari Times of India.

Kementerian PPPA Fasilitasi Tes DNA Kasus Hubungan Sedarah Kakak-Adik di Bengkulu

Sesuai temuan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology, pria dengan golongan darah B lebih rentan terhadap infeksi dibandingkan dengan wanita dari kelompok yang sama. Dalam kasus golongan darah AB, orang kurang dari 60 tahun lebih rentan terhadap infeksi.

Risiko infeksi

Ini Ciri-ciri Presenter Inisial C yang Jadi MC di Penyerahan Jet Pribadi Harvey Moeis

Sementara penelitian memperjelas bahwa golongan darah memang memiliki hubungan dengan risiko infeksi, itu tidak mengungkapkan apa pun tentang tingkat keparahan atau kematian penyakit tersebut.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah A dan Rh+ membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, sedangkan mereka yang bergolongan darah O dan Rh- dapat pulih dengan cepat. Beberapa penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap infeksi Covid-19.

Berbicara secara detail tentang penelitian tersebut, Dr Rashmi Rana, Konsultan, Departemen Riset, SGRH, mengatakan bahwa virus corona adalah virus baru dan banyak hal yang belum diketahui tentangnya. Jadi, motif penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran golongan darah dalam risiko atau perkembangan penyakit menular.

Dr Vivek Ranjan, rekan penulis dan Ketua Departemen Transfusi Darah, di SGRH mengatakan bahwa golongan darah ABO dan/atau Rh mungkin tidak bertanggung jawab atas asosiasi tersebut. Ini mungkin juga merupakan indikasi dari faktor-faktor yang mendasari dan belum diselidiki seperti komorbiditas, yang perlu dipelajari secara rinci.

Bagaimana studi dilakukan?

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Penelitian dilakukan terhadap 2.586 kasus positif COVID-19 yang dirawat di SGRH sejak 8 April 2020 hingga 4 Oktober 2020. Dari semua kasus, frekuensi A, B, O, dan AB masing-masing adalah 29,93 persen, 41,80 persen, 21,19 persen, dan 7,98 persen. Selain itu, 98,07 persen pasien yang menjadi bagian dari penelitian ini adalah Rh-positif.

Ini bukan pertama kalinya dilakukan penelitian untuk mengetahui peran golongan darah dalam risiko seseorang terkena COVID-19. Banyak penelitian telah dilakukan di masa lalu juga. Namun, ada banyak kontradiksi dalam hal hasil akhir. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan yang mungkin, sementara yang lain menunjukkan bahwa tidak ada hubungan. 

Jadi, masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan apa pun terkait hubungan golongan darah dengan risiko dan tingkat keparahan COVID-19 yang bersangkutan. Lebih banyak studi diperlukan di bidang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya