Mengapa Varian COVID-19 Baru Dinamai Omicron

Virus Omicron
Virus Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah menamai varian COVID-19 baru-baru ini Omicron. Ini adalah varian ke-13 dan yang terbaru dari lima 'varian yang menjadi perhatian'. 

Dikutip dari Times of India, Anda ingin tahu mengapa dinamai Omicron dan bagaimana varian ini dinamai?Omicron adalah alfabet Yunani ke-15 dan menggunakan simbol huruf besar "?" dan huruf kecil "?".

Menurut kamus, terjemahan Yunani literalnya berarti "o kecil." Pada Mei, WHO telah mengumumkan bahwa mereka akan menamai varian COVID-19 menggunakan huruf Yunani. 

Beberapa varian dirujuk dengan nama negara tempat mereka pertama kali terdeteksi, tetapi itu jelas bukan cara yang tepat untuk melakukannya. Alasan di balik penamaan varian menggunakan abjad Yunani adalah untuk memudahkan komunitas non-ilmiah membicarakan varian tersebut.

Menurut WHO, “Meskipun mereka memiliki kelebihan, nama ilmiah bisa sulit untuk diucapkan dan diingat, dan rentan terhadap kesalahan pelaporan. Akibatnya, orang sering menggunakan pemanggilan varian berdasarkan tempat di mana mereka terdeteksi, yang menstigmatisasi dan diskriminatif.”

?Lima varian yang menjadi perhatian saat ini