Mengapa Varian COVID-19 Baru Dinamai Omicron

Virus Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) telah menamai varian COVID-19 baru-baru ini Omicron. Ini adalah varian ke-13 dan yang terbaru dari lima 'varian yang menjadi perhatian'. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dikutip dari Times of India, Anda ingin tahu mengapa dinamai Omicron dan bagaimana varian ini dinamai?Omicron adalah alfabet Yunani ke-15 dan menggunakan simbol huruf besar "?" dan huruf kecil "?".

Menurut kamus, terjemahan Yunani literalnya berarti "o kecil." Pada Mei, WHO telah mengumumkan bahwa mereka akan menamai varian COVID-19 menggunakan huruf Yunani. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Beberapa varian dirujuk dengan nama negara tempat mereka pertama kali terdeteksi, tetapi itu jelas bukan cara yang tepat untuk melakukannya. Alasan di balik penamaan varian menggunakan abjad Yunani adalah untuk memudahkan komunitas non-ilmiah membicarakan varian tersebut.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Menurut WHO, “Meskipun mereka memiliki kelebihan, nama ilmiah bisa sulit untuk diucapkan dan diingat, dan rentan terhadap kesalahan pelaporan. Akibatnya, orang sering menggunakan pemanggilan varian berdasarkan tempat di mana mereka terdeteksi, yang menstigmatisasi dan diskriminatif.”

?Lima varian yang menjadi perhatian saat ini

Alpha – B.1.1.7 – pertama kali terdeteksi di Inggris
Beta – B.1.351 – pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan
Gamma – P.1 – pertama kali terdeteksi di Brasil
Delta – B.1.617.2 – pertama kali terdeteksi di India
Omicron – B.1.1.529 – pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya