Begini Cara Mengelola Diabetes dengan Makanan yang Tepat

Menu diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang dewasa (umur 20 - 79 tahun) atau 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia. Diabetes juga menyebabkan 6,7 juta kematian atau 1 tiap 5 detik.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah pengidap diabetes sebanyak 19,47 juta. Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, ini berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6%.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh para peneliti India dalam jurnal Current Diabetes Review, 2016, ini bisa disebabkan dengan adanya lemak tubuh yang lebih tinggi, lemak perut, hati dan lemak pankreas dan massa tanpa lemak yang lebih rendah daripada orang kulit putih, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan risiko metabolisme dan kardiovaskular pada orang Asia.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Makalah ini juga menunjukkan bahwa konversi dari pra-diabetes menjadi diabetes terjadi lebih cepat, dan pengembalian ke regulasi glukosa normal dengan langkah-langkah gaya hidup yang tepat lebih sulit di India Asia daripada populasi kulit putih.

Diabetes

Photo :
  • Times of India
Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Jalan keluar terbaik dari teka-teki ini dan untuk menghindari daftar cucian efek samping dan komplikasi diabetes adalah mempersenjatai diri dengan informasi tentang gangguan gaya hidup yang cepat mengambil alih hidup kita.

Dan faktor terpenting di sini selain olahraga teratur dan pengendalian stres adalah makanan yang Anda makan. Informasi yang benar dapat bekerja di kedua sisi - membantu mencegah lebih banyak orang menderita diabetes, dan juga membantu mereka yang sudah menderita gangguan mengelolanya dengan lebih baik. Sayangnya, ada banyak mitos yang beredar yang perlu dipatahkan, seperti dikutip dari Times of India

Karbohidrat plus protein

Karbohidrat bukanlah musuh para penderita diabetes. Mereka tidak perlu menyerah, melainkan hanya memilih dengan hati-hati. Dua langkah yang membantu adalah menukar biji-bijian olahan dengan biji-bijian utuh. Gandum dan beras merah lebih baik, karena mereka melepaskan glukosa dalam darah secara perlahan.

Dan selalu kombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein berkualitas karena ini membantu memperlambat pelepasan glukosa lebih lanjut dan juga membuat makanan lebih mengenyangkan.

Hati-hati dengan asupan gula

Meskipun hanya mitos bahwa gula adalah satu-satunya penjahat, faktanya ada banyak faktor lain yang dapat memperburuk diabetes Anda. Tapi yang mengatakan terlalu banyak gula bisa buruk bagi kita karena salah satunya ditemukan dalam makanan penggemukan seperti kue dan es krim diet tinggi lemak dan gula dapat membuat seseorang menambah berat badan (dan menjadi kelebihan berat badan), yang dapat memperburuk gula darah mereka. tingkat sangat.

Tingkatkan asupan protein

Peran makan karbohidrat yang tepat (biji-bijian) untuk mengelola diabetes dengan lebih baik sudah jelas, tetapi sekarang peran protein juga semakin dapat dipahami. Protein dalam makanan kita membantu meningkatkan sekresi insulin, tetapi bersama dengan jumlah yang tepat, kualitas protein juga sangat penting, karena banyak makanan kaya protein seringkali tinggi lemak. Jadi pilihlah dengan hati-hati.

Memilih makanan diabetes untuk memasukkan kualitas yang lebih baik, protein yang mudah dicerna dalam diet untuk membangun massa otot dan membantu memotong persentase lemak perut selalu merupakan ide yang baik.

Jika karena alasan tertentu mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan protein melalui makanan, mereka dapat memasukkan suplemen protein berkualitas baik dengan 8-10 gram protein per sajian yang dapat dipercaya.

Tidak ada gunanya membebani tubuh dengan suplemen yang memberikan protein berlebihan per sajian, karena hanya akan membebani organ tubuh Anda tanpa memberikan manfaat tambahan.

Menurunkan berat badan dengan protein

Tips menaikkan berat badan

Photo :
  • Times of India

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko terkena efek samping diabetes tipe 2. Kehilangan bahkan 5% hingga 10% dari kelebihan berat badan, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur selalu membantu menjaga gangguan tersebut tetap terkendali. Lemak perut yang tinggi (kelebihan lemak di sekitar pinggang) merupakan faktor risiko yang sangat besar bagi penderita diabetes.

Stres

Stres berkepanjangan menyebabkan gangguan hormon seperti adrenalin, noradrenalin dan kortisol, yang meningkatkan kadar gula darah. Dan jika stres ini terus-menerus tinggi, peningkatan gula yang naik dan turun bisa menjadi tinggi terus-menerus, yang mengakibatkan memburuknya diabetes.

Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan dan/atau 'bingung makan' yang mengarah pada penambahan berat badan, dan sekali lagi menyebabkan peningkatan gula darah. Ini membantu untuk tetap berpegang pada makanan ringan atau minuman berprotein tinggi untuk mengurangi keinginan mengidam yang disebabkan oleh stres.

Olahraga juga membantu!

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Dok. Istimewa

Mereka yang berolahraga setidaknya 150 menit seminggu (atau 30 menit sehari) memiliki peluang lebih baik untuk mengelola diabetes tipe 2 mereka dengan lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa waktu olahraga itu penting dan berjalan 10 menit setelah makan membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan sebesar 22 persen, dan lebih efektif daripada berjalan di waktu lain dalam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya