Kaki Dingin Terasa Membeku, Waspada Diabetes Hingga Kolesterol

Ilustrasi kaus kaki warna cokelat
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Musim hujan telah tiba dan udara dingin menyergap di sebagian besar wilayah Indonesia. Bahkan dengan selimut dan baju hangat tetap membuat sebagian orang merasa kedinginan, khususnya di area kaki. Benarkah tanda diabetes?

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Kaki yang terasa membeku sebenarmya cukup wajar dan umum. Tetapi jika Anda masih merasakan kaki dingin meskipun telah mengenakan kaus kaki yang hangat dan selimut tebal, ini mungkin merupakan tanda adanya masalah medis.

Berikut lima masalah medis terkait kaki yang terus menerus terasa dingin, dikutip dari laman The Sun.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

1. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme.

Photo :
  • U-Report
Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Hipotiroidisme berarti Anda memiliki tiroid yang kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon. Hormon-hormon ini mempengaruhi banyak organ Anda dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Jika Anda merasa kedinginan di mana-mana, termasuk kaki Anda, Anda mungkin menderita hipotiroidisme. Anda harus membuat janji dengan dokter Anda jika Anda menduga Anda memiliki kondisi ini.

2. Penyakit Raynaud

Ilustrasi penderita kaki gajah

Photo :
  • Ist

Penyakit Raynaud berarti tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap dingin. Saat suhu turun, Anda mungkin melihat tangan dan kaki Anda mati rasa atau sedingin es. Ekstremitas Anda juga bisa berubah warna. Jika tangan dan kaki Anda menjadi pucat atau biru dan kemudian menjadi merah dan mulai terasa perih saat memanas, Anda bisa terkena penyakit Raynaud.

Raynaud dapat disebabkan oleh dingin ketika arteri Anda menyempit karena dingin. Namun, stres juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Buat janji dengan dokter Anda jika Anda khawatir dan mereka mungkin dapat merekomendasikan perawatan.

3. Diabetes

Perawatan kaki untuk penderita diabetes.

Photo :
  • U-Report

Gula darah tinggi adalah masalah umum bagi penderita diabetes. Gejala diabetes termasuk banyak buang air kecil dan infeksi. Kaki dingin juga bisa menjadi komplikasi diabetes.

Komplikasi ini dapat mencakup:

Neuropati perifer

Ini berarti saraf di kaki Anda telah rusak dan dapat membuat kaki Anda terasa dingin, sementara itu akan menjadi suhu normal untuk disentuh. Neuropati perifer dapat disebabkan oleh penyakit autoimun, kekurangan vitamin, beberapa obat, alkoholisme, dan diabetes. Obat untuk ini dapat mencakup amitriptyline, duloxetine atau pregabalin.

Penyakit arteri perifer

Ini berarti ada masalah dengan aliran darah Anda. Sirkulasi yang buruk dapat membuat kaki Anda terasa dingin. Penyakit arteri perifer sering terjadi pada perokok, orang yang kelebihan berat badan dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Gaya hidup yang seimbang dan sehat dapat membantu mencegah penyakit arteri perifer. Lebih banyak olahraga dan mengelola kadar gula darah Anda dapat mengurangi gejala yang dialami. Statin juga dapat diresepkan oleh dokter Anda, seperti obat pengencer darah atau antihipertensi.

4. Depresi

cegah depresi

Photo :
  • U-Report

Stres dapat menyebabkan darah Anda dipompa ke inti Anda dan menjauh dari ekstremitas Anda. Ini bisa membuat Anda merasa dingin di jari tangan dan kaki. Jika Anda berjuang melawan stres dan merasa sulit untuk mengelolanya, mintalah nasihat dokter Anda.

5. Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi

Photo :
  • U-Report

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah sirkulasi yang dapat menyebabkan kaki dingin. Jika Anda memiliki kaki dingin, itu mungkin karena kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah Anda atau karena peradangan. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke dan serangan jantung, jadi bicarakan dengan dokter jika Anda khawatir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya