Girls! Ini Perbedaan Milia dan Beruntusan, Begini Pengobatannya

dr. Eklendro Senduk
Sumber :
  • YouTube VDVC Health

VIVA – Kecantikan wajah menjadi salah satu penunjang penampilan bagi kaum hawa. Apalagi saat ini semakin banyak tindakan perawatan yang berguna untuk kecantikan dan kesehatan wajah.

Milia Ganggu Penampilan Wajah? Ini 9 Cara Mengatasinya!

Urusan wajah, jerawat kecil saja bisa jadi masalah bagi sebagian wanita ataupun pria. Nah, bagaimana dengan adanya milia atau beruntusan di bagian area wajah? Apakah sama? Bagaimana mengatasinya?

Pakar kecantikan dr. Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Kes memberi penjelasan mengenai milia dan beruntusan. Kedua hal ini sangat berbeda gejala dan penanganannya.

Ladies, Ketahui 6 Penyebab Wajah Beruntusan dan Cara Menghilangkannya

"Milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang umumnya tumbuh di bagian wajah seperti hidung, pipi, dan bawah mata. Umumnya bisa dialami siapa saja tapi memang lebih sering dialami oleh bayi yang bayi yang baru lahir," kata dr. Ekles, sapaannya lewat program acara Solusi Penyakit di kanal YouTube VDVC Health yang tayang pada 6 Desember 2021.

Berdasarkan halodoc, ada beberapa faktor yang sering menjadi penyebab milia pada orang dewasa. Penyebabnya karena ada penumpukan kulit mati yang terperangkap di pori-pori dekat permukaan kulit.

7 Cara Menghilangkan Milia pada Wajah Tanpa Perlu ke Dokter

Jika penumpukan tersebut tidak dikeluarkan secara alami maka menjadi penyebab penyakit milia yang disebut dengan primary milia.

"Milia ini berupa benjolan berwarna putih mutiara atau kekuningan pada kulit. Benjolan ini biasanya berukuran kecil 1 sampai 2 milimeter," unkap dr. Ekles melanjutkan.

Milia tidak menimbulkan penyakit yang berarti namun biasanya seseorang yang sedang mengalami milia merasa tidak nyaman. Lalu, apakah milia sama dengan beruntusan?

"Milia sering disalahartikan dengan beruntusan, sebenarnya beruntusan itu komedo tertutup atau white head comedo," ujar dr. Ekles lagi.

Komedo adalah hyper aktifitas dari kelenjar minyak yang tersumbat sehingga menjadi komedo. Komedo ada dua jenis yaitu ada yang tertutup dinamakan white head atau yang akrab dissebut beruntusan. Lalu, komedo yang terbuka adalah black head yang gejalanya berwarna hitam.

"Ini tidak berbahaya dan akan hilang sendiri beberapa minggu atau beberapa bulan. Namun kalau dianggap mengganggu dapat periksa ke dokter biasanya dengan tindakan chemical peeling dan dermabrasi atau yang instant dengan tindakan laser," tutup dr. Eklendro Senduk menjelaskan mengenai milia dan beruntusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya