Jangan Asal Sarapan, 3 Kesalahan Ini Picu Obesitas

Obesitas bisa picu perlemakan hati
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – erat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang untuk tetap sehat dan bugar. Hanya saja, kerap kali hal itu sulit untuk dicapai dan banyak orang tak memahami alasannya, yang mungkin bermula dari menu di saat sarapan.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Jika Anda merasa lapar dalam beberapa jam setelah makan, kembung atau lelah, mungkin sudah waktunya untuk mengganti makanan pertama di hari itu.

Bahkan jika Anda tidak tahan untuk berpisah dari sarapan favorit Anda, beberapa perubahan kecil dapat membuat perbedaan untuk berat badan ideal. Kesalahan berikut seharusnya dapat dihindari untuk menjaga berat badan ideal, dikutip dari laman The Sun.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Terlalu banyak makan gula

Croissant, sereal, dan makanan yang dipanggang mungkin terasa lezat, tetapi akan berpengaruh apa pun untuk lingkar pinggang Anda. Itu karena makanan itu relatif tinggi gula.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Ahli gizi yang berbasis di London dan kepala Healthspan, Rob Hobson, mengatakan, Jika Anda makan terlalu banyak gula, Anda jelas meningkatkan risiko penambahan berat badan dan Anda bisa berakhir dengan gula tinggi dan rendah. Dia mengatakan ada banyak gula tersembunyi dalam sereal yang tidak diketahui orang, tetapi membaca label nutrisi akan menemukan pelanggar terburuk.

“Jika Anda mengalami lonjakan gula yang diikuti dengan penurunan gula, Anda mungkin mencari makanan manis untuk mengembalikan Anda lagi.”

Ahli gizi Dr Carrie Ruxton menambahkan bahwa banyak sereal sarapan bergula dan rendah serat hanya menghilangkan selera makan Anda. Namun itu membuat Anda berburu makanan ringan beberapa jam kemudian.

Makan terlalu banyak kalori - terutama yang 'kosong'

Ahli fisiologi olahraga dan ahli gizi olahraga di Sheffield Hallam,  Dr Mayur Ranchordas, mengatakan penting untuk memperhatikan bagaimana kalori dapat bertambah saat sarapan. Jika Anda memiliki latte penuh lemak atau cappuccino dengan muffin, Anda mungkin berpikir 'Saya hanya punya kopi dan muffin untuk sarapan'. Tapi itu banyak kalori, dan tidak ada nilai gizi.

“Itu 700-800 kalori saat sarapan. Jika Anda kemudian mendapatkan sandwich ayam dan bacon saat makan siang, Anda bisa melebihi asupan kalori harian Anda sebelum makan malam," bebernya.

Dr Mayur mengatakan hal yang sama berlaku jika Anda memiliki pilihan yang lebih sehat, seperti sepotong roti gandum, telur rebus, salmon asap, dan alpukat. Meski memiliki nilai gizi lebih, kalori bisa bertambah dengan cepat, jadi perhatikan ukuran porsinya.

Tidak mendapatkan cukup protein atau lemak

Kunci sarapan yang sehat adalah memastikan sarapan mengandung sedikit dari segalanya - protein, lemak dan karbohidrat. Ini adalah tiga kelompok makanan utama dan masing-masing dibutuhkan dalam makanan.

Banyak sarapan yang gagal memasukkan ketiganya, yang dapat menyebabkan rasa lapar atau mengidam dalam beberapa jam. Dan sebagian besar waktu, sarapan mengandung lebih banyak karbohidrat daripada yang mungkin Anda bakar sebelum waktu makan siang, kata Dr Mayur.

“Jangan hanya memikirkan kalori, tetapi kualitas makanannya. Tetapi jika Anda memiliki semangkuk bubur dengan susu dan jus jeruk, ada sangat sedikit protein dalam makanan itu sehingga kemungkinan Anda akan lapar lagi," terangnya.

Gorengan berminyak

Telur.

Photo :
  • Times of India

Bacon, sosis, telur, dan lainnya sangat lezat. Namun, simpanlah sebagai camilan, seperti yang dikatakan Rob bahwa goreng berminyak penuh dengan lemak jenuh, banyak kalori, dan membuat Anda merasa lesu.

“Jumlah yang lebih kecil tidak apa-apa. Tapi ada banyak kaitan dengan daging olahan dan kanker usus. Bacon dan sosis, misalnya, juga penuh dengan garam yang tidak baik untuk tekanan darah," tuturnya,

Jadi apa yang harus dimakan untuk sarapan?

Smoothie sarapan

Ini bagus untuk bepergian, kata Rob, menyarankan buah, susu, sayuran hijau tua, dan gandum. Apapagi, buah tidak terlalu tinggi kalori. 

“Saya tidak suka apa pun yang menghalangi orang dari buah dan sayuran. Jika Anda memakannya utuh, Anda mendapatkan manfaat serat daripada mengekstrak jusnya," tuturnya.

Omelet dan kopi hitam

Secangkir kopi hitam.

Photo :
  • U-Report

Pilihan sarapan Dr Mayur adalah telur dadar dengan kopi hitam, dan camilan kacang dan sepotong buah jika Anda lapar nanti. Itu sekitar 450 kalori saat makan siang.

Bicara soal makanan, tak jauh-jauh dari memasak di rumah. Tentunya, memasak sarapan akan makin menarik dengan kompor kaca yang mewah disertai pengaman gas seperti dua produk terbaru; Niko Reflection Black 3.0 dan Niko Reflection Black 2.0. 

“Dengan system pengapian ini memasak bahan makanan menjadi lebih cepat matang dan tingkat kematangan akan merata. Material kaca tempered glass yang kuat dan mudah dbersihkan tersebut menjadikan kompor ini terlihat cantik dan tahan lama dibanding kompor dengan bahan lainnya," kata Head of Marketing Digital Niko Elektronik Indonesia, Dhika Santika

Khusus Niko Reflection Black 2.0 kompor kaca 2 tungku dilengkapi teknologi pengaman gas. Teknologi ini berfungsi ketika Anda sedang memasak, kemudian ada tumpahan air secara otomatis aliran gas akan terhenti dan mematikan api kompor.

“Banyak terjadi ibu-ibu sedang memasak kemudian ditinggal pergi, kemudian ada tumpahan air meluber ke tungku, kadang bisa mematikan api, tapi aliran gas tetap mengalir. Ini seringkali memicu malapetaka yang berujung pada kebakaran. Nah, kompor gas dari Niko ini sudah sangat aman memproteksi hal tersebut,” ujanya. 
  
Dhika mengatakan bahwa cara menyalakan kompor ini juga sangat praktis dengan pemantik otomatis yang mudah digunakan. Pengguna tinggal menekan knop kemudian memutarkanya ke arah kiri, secara otomatis kompor akan menyala. Kompor berdesain mewah ini juga memiliki tingkat keamanan tinggi. Slot selang regular benar-benar berada pada posisi yang mudah dipasang dengan system pengaman yang kuat dan tak bergeser. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya