WHO: Vaksin COVID Seharusnya Ampuh Lawan Omicron

Virus Omicron
Virus Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa vaksin COVID-19 yang ada saat ini seharusnya mampu melindungi dari varian terbaru, Omicron. Menurut pakar, dugaan itu timbul lantaran varian Omicron dinilai tak terlalu berbahaya dengan beberapa kasus bergejala ringan.

Pakar WHO mengatakan bahwa sangat tidak mungkin super-mutant Omicron dapat sepenuhnya menghindari perlindungan dari vaksin saat ini. Artinya, dalam skala populasi, vaksin kemungkinan masih akan berdampak positif. 

"Kami memiliki vaksin yang sangat efektif yang telah terbukti efektif terhadap semua varian sejauh ini," ujar Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan, dalam laman The Sun.

Sedangkan untuk individu, suntikan masih harus mencegah penyakit parah bagi sebagian besar. Tercatat bahwa vaksin saat ini masih cukup efektif cegah penyakit parah yang ditimbulkan COVID-19.

"(Vaksin berfungsi) dalam hal (cegah) penyakit parah dan rawat inap. Tidak ada alasan untuk berharap bahwa itu tidak akan terjadi [untuk Omicron]," ujarnya.

Strain lain dari virus corona telah terbukti melemahkan perlindungan vaksin, termasuk Delta yang merupakan versi virus corona paling dominan saat ini. Namun, Dr Ryan menyarankan bahwa, meskipun Omicron memiliki lebih banyak mutasi, ini tidak akan membuatnya lebih menjadi masalah.

Ada pun perkiraan awal para pakar menganggap strain Omicron dapat melemahkan efektivitas vaksin hingga 40 persen, berdasarkan perbandingan genetiknya dengan varian lain. Tetapi belum ada penelitian skala besar tentang efek sebenarnya dari vaksin dalam situasi dunia terkini.