Bos Pfizer Klaim Vaksinnya Ampuh Lawan Varian COVID-19 Omicron

Virus corona
Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Data terbaru menunjukkan bahwa vaksin booster Pfizer mampu melindungi varian COVID-19 Omicron. Temuan ini mendesak agar masyarakat segera mendapat vaksin booster agar mampu mencegah penularan Omicron.

Ketika Omicron pertama kali muncul awal bulan ini, para ilmuwan memperingatkan varian itu mungkin dapat melawan vaksin. Bahkan, studi sebelumnya menunjukkan adanya penurunan efektivitas vaksin Pfizer terhadap varian omicron hingga 40 kali lipat.

Banyaknya mutasi yang ditemukan pada varian Omicron, lebih banyak daripada strain mutan lainnya, memicu kekhawatiran bahwa mutasi itu akan menyebar lebih cepat dan berpotensi menghindari kekebalan.

Namun, data terbaru seolah menepis studi tersebut. Dua dosis vaksin Pfizer diklaim tetap ampuh melawan dan mencegah gejala berat akibat COVID-19.

"Meskipun dua dosis vaksin mungkin masih menawarkan perlindungan terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh jenis Omicron, jelas dari data awal ini bahwa perlindungan ditingkatkan dengan dosis ketiga dari vaksin kami,” kata Ketua dan Chief Executive Officer, Pfizer, Albert Bourla, dalam laman The Sun.

Tak hanya itu, vaksin booster juga dinilai mampu meningkatkan kekebalan dalam melawan varian Omicron. Itu berarti tiga dosis yakni dua suntikan ditambah booster, akan memberikan perlindungan yang sama terhadap Omicron seperti dua dosis awal terhadap Delta.

"Memastikan sebanyak mungkin orang divaksinasi sepenuhnya dengan dua seri dosis pertama dan booster tetap merupakan tindakan terbaik untuk mencegah penyebaran COVID-19," imbuhnya.