6 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Lonjakan gula darah adalah gejala utama penyakit diabetes. Penyakit ini terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak mampu menggunakan insulin dengan benar, sehingga glukosa menumpuk ke dalam aliran darah. Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Apa saja? Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung indeks glikemik rendah yang dapat mengontrol gula darah seperti yang diungkap Spesialis Gizi Klinik, Dr. Reissa Djuanda, M.Gizi, Sp.GK dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 14 Desember 2021.

1. Seafood

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Seafood.

Photo :
  • U-Report

Seafood seperti ikan, kerang dapat mengontrol gula darah. Sebab, seafood tidak mengandung karbohidrat.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

"Karbohidrat sumber gula ya karena gak ada karbohidrat aman-aman dikonsumsi. Kandung omega 3 yang baik untuk pembuluh darah, dan  gula darah terkontrol," kata dia.

2. Yogurt

Yogurt

Photo :
  • Istimewa

Yogurt kata Reissa juga dapat mengontrol gula darah. Namun, Reissa menjelaskan jenis yoghurt yang dimaksud adalah yoghurt plain. Sebab yoghurt jenis tersebut biasanya cenderung memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

3. Buah apel, jeruk, dan alpukat

Buah apel.

Photo :
  • U-Report

Tiga jenis buah ini disebut dapat menurunkan gula darah. Namun Reissa menjelaskan, buah tersebut harus dikonsumsi langsung tanpa diolah menjadi jus, es yang ditambahkan gula.

"Buah yang tua rasanya gulanya naik, otomatis makan meningkatkan gula darah lebih cepat. Buah mangga, durian semangka cepat menaikkan gula darah," kata dia.

4. Kacang-kacangan

Kacang Tanah

Photo :
  • vstory

Kacang-kacangan dapat membantu mengatur gula darah. Reissa menjelaskan, kacang mengandung anti oksidan tinggi, serat yang dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

"Sebaiknya kacang yang pure jangan digoreng, ditepung, gula akan naik," ungkap dia.

5. Bawang putih

manfaat bawang putih tunggal

Photo :
  • U-Report

Bawang putih disebut dapat menurunkan gula darah turunkan kadar gula. Sebab, bawang putih dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

6. Ubi

Umbi talas.

Photo :
  • U-Report

Ubi disebut-sebut lebih baik dibandingkan nasi untuk dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat. Sebab ubi, kata Reissa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi dan kentang. Selain itu, ubi juga mengandung vitamin a dan betakaroten yang baik bagi tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya