5 Cara Mudah Mencegah Flu Datang 

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ada lonjakan kasus flu biasa, yang tidak mengejutkan sepanjang tahun ini. Flu, sakit kepala, nyeri tubuh, dan sakit tenggorokan dapat membuat tidak nyaman untuk melakukan tugas sehari-hari, dan yang ingin kita lakukan hanyalah meringkuk di tempat tidur dan menyesap minuman panas. Selain itu, angin dingin membuat gejalanya semakin parah, membuat kami keluar jalur selama beberapa hari.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Sejujurnya, tidak ada yang suka sakit dan berbaring di tempat tidur sepanjang hari. Jadi, daripada meminum pil dan minum uap kemudian untuk meredakan hidung tersumbat, lebih baik menghentikan pilek bahkan sebelum mulai. 

Berikut  ini adalah beberapa tips untuk mencegah flu musim dingin ini dan tetap bugar dan aktif, dikutik dari Times of India.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Cuci tangan secara teratur

Pandemi memberikan pelajaran penting untuk mencuci tangan dengan baik sebelum makan atau menyentuh wajah untuk mengurangi risiko infeksi COVID-19. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Mencuci tangan

Photo :

Virus penyebab pilek menyebar dari batuk dan bersin orang yang terinfeksi, yang dapat bertahan hidup di tangan dan permukaan selama 24 jam. Jadi, cuci tangan dengan baik dengan sabun dan air sebelum makan atau menyentuh wajah untuk menghindari jatuh sakit.

Tetap terhidrasi

Di musim dingin umumnya, tingkat asupan air harian Anda menurun. Karena cuaca dingin, kita tidak merasa haus, jadi kita tidak minum banyak air.

Minum air putih

Photo :
  • U-Report

Itulah yang harus Anda hindari musim ini. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mencegah kita jatuh sakit. Jadi, kalaupun ingin tetap sehat, minumlah air putih minimal 2 liter dalam sehari. Anda bahkan dapat memiliki sup dan kaldu tulang untuk meningkatkan tingkat asupan cairan Anda.

Makan dengan sehat

Makan makanan yang sehat dan seimbang selama musim. Ini akan membantu Anda mendapatkan banyak nutrisi dan membuat Anda tetap bugar. Berikan perhatian khusus pada tingkat asupan zat besi dan vitamin D. 

Kedua nutrisi ini membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi risiko jatuh sakit. Makan lebih banyak sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Tidur yang cukup

tidur dibulan ramadhan

Photo :
  • U-Report

Tidur yang cukup sangat penting bagi kita untuk melawan dan mencegah flu. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk membuat tubuh lebih sulit melawan virus dan infeksi. Ketika kita mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari, tubuh kita memproduksi dan melepaskan sitokin, jenis protein yang menargetkan infeksi dan peradangan. Jadi, pastikan Anda tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap aktif.

?Olahraga

Berolahraga tidak hanya penting untuk menurunkan berat badan atau membangun otot. Bahkan membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah masuk angin. Studi menunjukkan bahwa berolahraga membantu sel-sel kekebalan tubuh kita bergerak lebih cepat di sekitar tubuh Anda karena meningkatkan sirkulasi Anda. 

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

Dengan cara ini, membantu tubuh untuk melawan infeksi dengan cara yang lebih baik. Tetap aktif dengan mengikuti rutinitas olahraga teratur seperti jalan kaki, yoga, meditasi, lari, dan latihan kekuatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya