Sulit Hamil, Waspada Gangguan Kesuburan pada Pria

Ilustrasi pria/laki-laki.
Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Ketika pasangan suami istri tak kunjung mendapatkan kehamilan yang diinginkan, seringkali pihak perempuan yang disalahkan. Padahal, ada banyak faktor termasuk beragam gangguan kesuburan pada pria yang jarang diketahui.

Ketika berbicara soal infertilitas (kesuburan), ada banyak kesalahpahaman. Kombinasikan ini dengan norma-norma sosial di Indonesia yang sangat menekankan pada melahirkan anak, dan hasil akhirnya adalah perempuan selalu disalahkan atas ketidakmampuan mereka untuk hamil. 

Namun, kenyataannya, menurut WHO, prevalensi infertilitas pada populasi umum adalah 15 hingga 20 persen, dan faktor infertilitas pria berkontribusi 20 hingga 40 persen pada angka ini. Lantas, apa saja yang perlu diketahui soal kesuburan pada pria? Berikut ulasannya oleh Konsultan Ginekolog & spesialis Infertilitas, Rumah Sakit Lilavati, Mumbai, Rumah Sakit D Y Patil, Rumah Sakit Navi Mumbai & Fortis, Dr Hrishikesh Pai, dikutip dari laman The Health Site, Jumat, 17 Desember 2021.

Apa itu infertilitas?

Ilustrasi pria.

Ilustrasi pria.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Infertilitas adalah penyakit pada sistem reproduksi yang didefinisikan oleh kegagalan untuk mencapai kehamilan klinis setelah 12 bulan atau lebih dari hubungan seksual teratur tanpa kondom Komite Internasional untuk Pemantauan Teknologi Reproduksi Berbantuan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Infertilitas pria