Studi: Sayuran Ini Turunkan Hipertensi dalam 24 Jam

hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi, dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan. Dijuluki sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, hipertensi dapat menempatkan seseorang pada risiko serangan jantung atau stroke yang lebih besar.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dia telah menderita hipertensi, karena penyakit ini hampir tidak memiliki gejala. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes tekanan darah ke dokter.

Menu diet

Photo :
  • Times of India
Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Dokter kemudian akan meresepkan obat untuk menurunkan tekanan darah, serta menyarankan beberapa penyesuaian gaya hidup. Mengubah diet dan memasukkan olahraga ke dalam rutinitas, adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan hipertensi.

Diet sehat yang kaya akan buah dan sayuran, tidak hanya menjaga lingkar pinggang kamu tetap ramping, tetapi juga memastikan seseorang mendapatkan banyak nutrisi dari bahan-bahan segar dan alami tersebut.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Namun, satu kelompok sayuran tertentu juga dipercaya dapat menurunkan hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan sayuran berdaun hijau yang kaya akan nitrat dapat menurunkan hipertensi hanya dalam waktu 24 jam. Demikian seperti dikutip dari laman Express, Senin 20 Desember 2021.

Diet bayam.

Photo :
  • U-Report

Dikatakan bahwa makan satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat menjaga tekanan darah seseorang tetap rendah. Beberapa contoh sayuran berdaun hijau antara lain, kubis, adas, selada, bayam, kale, swiss chard, dan masih banyak lagi. 

Kamu dapat menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan sehari-hari, bisa dikonsumsi sebagai salad segar atau dijadikan sup, kari, tumis atau yang lain. 

Sayuran hijau juga rendah kalori dan berkontribusi untuk menjaga berat badan tetap stabil, selain menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. 

Selain sayuran, mengonsumsi makanan alami dan mengurangi makanan olahan atau asin, juga akan membantu menurunkan hipertensi. Buah-buahan, seperti beri, pisang, dan kiwi, juga dikenal mampu menurunkan tekanan darah. 

Tidak hanya itu, bit mentah dan jus bit juga disarankan sebagai penurun hipertensi. Lentil dan kacang-kacangan juga direkomendasikan, karena mengandung protein dan serat. Menambahkannya ke dalam salad, akan menjadi makanan penurun hipertensi yang bergizi. 

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Penderita hipertensi juga harus mengurangi konsumsi alkohol, minum air putih yang cukup serta tidak makan berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya