Minum Jeruk Lemon dengan Cara Ini Bisa Pangkas Kolesterol

Air lemon.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Jeruk lemon dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kerap digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma makanan. Di balik itu, ternyata jeruk jenis ini sangat berkhasiat untuk menjaga tubuh tetap bugar dengan memangkas kadar kolesterol.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Pakar herbal dr. Wawaimuli Arozal M.biomed, PhD mengatakan bahwa faktanya jeruk lemon memiliki banyak kandungan baik untuk memangkas kolesterol jahat. Salah satunya zat bernama flavonoid yang tinggi di dalam jeruk lemon.

"Cukup banyak penelitian terkait kemampuan jeruk lemon turunkan kolesterol. Itu hasil dari penelitian baik di laboratorium pada hewan bahkan sampai ke manusia. Berbagai kandungan lemon, salah satunya ada flavonoid bermanfaat untuk tingkatkan metabolisme lemak hati dan eksresi lemak," tuturnya dalam acara Hidup Sehat Plus di tvOne, Rabu, 22 Desember 2021. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Teh lemon.

Photo :
  • U-Report

Karenanya, jeruk lemon juga mampu menjaga kesehatan jantung lantaran dapat mengontrol ladar kolesterol di darah. Tak hanya itu, senyawa lain di dalam jeruk lemon terbukti mampu membuat jantung lebih bugar dan berfungsi maksimal.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Kalau bicara soal kolesterol, tingginya kolesterol buruk untuk jantung. Lemon mampu turunkan kadar kolesterol di darah. Di lemon juga ada mineral, potasium dan kalium untuk stabilkan pembuluh darah sehingga jadi lebih elastis. Baik dikonsumsi terutama untuk penderita tinggi koelsterol dan fluktuasi dalam tekanan darah," pesannya.

Kendati demikian, asupan buah lemon harus diiringi dengan pola makan yang baik dan membatasi jenis makanan yang memicu kolesterol. Hindari juga makanan tinggi lemak agar mencegah terbentuknya kolesterol jahat. Lantas, bagaimana cara mengonsumsi buah lemon?

"Campur lemon dan teh. Tiap pagi umumnya minum teh. Baiknya campur dengan perasan lemon, iris setengah sentimeter kemudian celupkan langsung ke teh. Pastikan dulu jeruk lemon sudah dicuci bersih. Kalau ingin tambah manis bisa gula atau madu sedikit," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya