Diidap James Franco, Ini Tanda dan Pemicu Kecanduan Seks

James Franco.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Aktor nominasi Oscar James Franco mengaku tiduri muridnya di sekolah akting. Bahkan, James Franco juga mengidap kecanduan seks yang membuatnya harus berjuang untuk memperbaiki perilakunya dalam beberapa tahun terakhir. Franco mengatakan dia mulai mengalami kecanduan seks usai kecanduan alkohol yang dia alami di usia muda. 

Terpopuler: Jadwal Imsakiyah sampai Soal Flu Singapura

"Itu obat yang sangat kuat. Saya ketagihan selama 20 tahun lagi. Bagian berbahaya dari itu adalah saya tetap sadar dari alkohol sepanjang waktu," tuturnya.

Dikutip dari Web MD, kecanduan seks didefinisikan sebagai kurangnya kontrol atas pikiran, dorongan, dan impuls seksual. Sementara dorongan seksual itu alami, kecanduan seks hanya mengacu pada perilaku yang dilakukan secara berlebihan dan secara signifikan berdampak negatif pada kehidupan seseorang.

Onani Saat Puasa Ramadhan, Batalkan Puasa? Buya Yahya Beri Jawaban

Seks yang memicu ketagihan itu dialami akibat beberapa pemicu, mulai dari gangguan anatomi hingga masalah psikis. Apa saja? Berikut ulasannya dikutip laman Psych Central.

pelecehan seksual

Photo :
  • U-Report

Tentara Israel Diduga Lakukan Pelecehan, Wanita Palestina Diperkosa dan Ditelanjangi

Abnormalitas lobus frontal

Ada penelitian neuroimaging terbatas tentang hiperseksualitas yang akan menjawab jika dan betapa berbedanya otak pada orang dengan perilaku seksual kompulsif. Namun, beberapa literatur menunjukkan bahwa, dalam beberapa kasus, hiperseksualitas dapat dikaitkan dengan cedera atau tumor lobus frontal dan temporal.

Neurotransmitter

Ketidakseimbangan dalam beberapa neurotransmiter, seperti dopamin yang sangat adiktif, dapat berkontribusi pada gangguan perilaku seksual kompulsif, meskipun mekanisme pastinya tidak jelas.

Neurotransmitter adalah bagian penting dari reaksi seksual tubuh Anda, memicu respons sistem saraf pusat seperti peningkatan detak jantung dan mengatur reaksi terhadap kesenangan. Perubahan signifikan pada tingkat neurotransmiter ini dapat memengaruhi perilaku seksual Anda.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat memicu perilaku seksual kompulsif, meskipun para ahli belum memahami mekanisme yang tepat.

Misalnya, sebuah studi 2010 menemukan bahwa beberapa perawatan untuk penyakit Parkinson berdasarkan penggantian dopamin telah dikaitkan dengan peningkatan gejala perilaku seksual kompulsif dan gangguan kontrol impuls lainnya. Penelitian lebih lanjut tentang topik ini diperlukan, bagaimanapun, untuk membangun hubungan sebab dan akibat.

Keadaan suasana hati dan disregulasi emosional

Beberapa ahli telah mencatat hubungan antara keadaan suasana hati dan regulasi emosional dengan peningkatan perilaku seksual kompulsif. Sebuah studi tahun 2020, misalnya, menemukan bahwa disregulasi emosional dapat menjadi gejala dan faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan kondisi tersebut.

Disregulasi emosional mengacu pada kesulitan mengelola emosi Anda atau mengatur reaksi emosional terhadap stimulus tertentu.Tinjauan tahun 2020 juga menemukan hubungan antara perasaan bosan dan hiperseksualitas, meskipun lebih banyak bukti diperlukan untuk membangun hubungan sebab akibat.

Pola asuh orang tua

Disfungsi keluarga juga dapat menyebabkan gejala hiperseksualitas, meskipun tidak ada hubungan sebab dan akibat yang telah ditetapkan. Studi lama yang diperiksa dalam ulasan tahun 2015 menemukan orang-orang dari keluarga yang tidak terikat dan kaku mengalami perilaku seksual yang lebih kompulsif daripada mereka yang berasal dari struktur keluarga yang berbeda.

Pelecehan masa kecil

Sebuah studi tahun 2020 dan tinjauan literatur dari tahun yang sama menunjukkan bahwa pelecehan seksual pada masa kanak-kanak dan remaja secara signifikan terkait dengan perilaku hiperseksual.

Tanda-tanda pecandu seks

Kecanduan seksual dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, baik fisik maupun emosional. Dibutuhkan profesional kesehatan untuk membuat diagnosis yang jelas, tetapi berikut adalah beberapa tanda yang dapat menunjukkan potensi kecanduan seks, dikutip dari laman Web MD.

Pikiran seksual obsesif

Seseorang yang berurusan dengan kecanduan seks mungkin menemukan diri mereka terus-menerus berpikir tentang seks. Pikiran kronis tentang seks atau fantasi seksual ini dapat menjadi obsesif atau mengganggu tanggung jawab lainnya.

Menghabiskan waktu berlebihan untuk seks

Sementara mencari pasangan seksual tidak selalu merupakan tanda kecanduan seksual, jika seseorang menghabiskan banyak waktu dan energi untuk seks, itu mungkin tanda bahaya. Ini dapat mencakup menghabiskan waktu mencoba untuk mendapatkan seks, berhubungan seks, menjadi seksual, atau pulih dari pengalaman seksual.

Merasa malu atau depresi

Jika kebutuhan akan seks berubah menjadi kecanduan, perasaan seksual seseorang mungkin juga diselingi dengan perasaan cemas, malu, depresi, atau menyesal. Individu mungkin merasa malu tentang dorongan seksual mereka dan kesulitan mereka mengendalikan dorongan tersebut.

Mereka bahkan mungkin menunjukkan tanda-tanda depresi klinis atau ide bunuh diri. Penelitian menunjukkan bahwa tidak jarang orang yang kompulsif secara seksual juga menunjukkan tanda-tanda depresi, kecemasan, dan kecemasan sosial. Satu studi menemukan bahwa, di antara pria kompulsif seksual, 28% menunjukkan tanda-tanda depresi, dibandingkan dengan 12% dari populasi umum.

Tidak melakukan aktivitas lainnya

Seorang pecandu seks mungkin terpaku pada seks sampai pada titik di mana mereka mengalami kesulitan untuk terlibat dalam aktivitas mereka yang lain. Mereka mungkin tertinggal dalam tanggung jawab di sekolah, pekerjaan, atau kehidupan pribadi mereka atau menjadi menarik diri secara sosial.

Mereka juga dapat memprioritaskan perilaku seksual di atas bentuk relaksasi atau hobi lainnya. Hubungan dengan teman, keluarga, dan pasangan mungkin terganggu karena ini

Masturbasi berlebihan

Ilustrasi masturbasi.

Photo :
  • dok. pexels

Sementara masturbasi bisa menjadi cara yang sehat untuk mengeksplorasi seksualitas dan mengekspresikan dorongan seksual, masturbasi berlebihan bisa menjadi tanda kecanduan seksual. Ini mungkin terlihat seperti masturbasi kompulsif, masturbasi pada waktu yang tidak tepat, atau bahkan masturbasi sampai menyebabkan ketidaknyamanan fisik atau rasa sakit.

Selingkuh

Seseorang dengan kecanduan seksual mungkin merasa terdorong untuk mencari seks dengan pasangan baru, bahkan jika ini berarti selingkuh atau berselingkuh. Mereka mungkin mencari one-night stand secara teratur atau bahkan menipu beberapa kali dengan pasangan yang berbeda.

Melakukan tindak pidana seksual

Dalam beberapa kasus ekstrem, orang mungkin terlibat dalam kegiatan kriminal seperti menguntit, pemerkosaan, atau pencabulan anak. Sementara beberapa pelaku seksual mungkin juga pecandu seks, tidak ada bukti bahwa kecanduan seksual dapat menyebabkan seseorang melakukan pelanggaran seksual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya