Amankah Minum Air yang Sudah Menginap Semalam? Ini Penjelasannya

Minum air.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Menuangkan segelas air untuk diri kita sendiri dan menenggaknya sekaligus sepertinya tindakan paling sederhana yang kita lakukan setiap hari. Selain kemurnian air, kita hampir tidak memperhatikan apa pun ketika kita minum atau menawarkannya kepada orang lain. 

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Tetapi Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada beberapa detail kecil dalam hal air minum yang mungkin berdampak besar pada kesehatan. Mulai dari berapa lama air disimpan di dalam gelas hingga bagaimana Anda meminumnya, semuanya sangat penting dalam hal menghidrasi diri kita sendiri dan memuaskan dahaga kita.

Dikutip dari Times of India, asupan air yang cukup sangat penting bagi setiap makhluk hidup. Air tidak hanya menghidrasi kita tetapi juga menghilangkan racun dari tubuh, melumasi sendi dan membantu fungsi organ lain. 

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Secara keseluruhan, air memiliki beberapa peran untuk menjaga kita tetap sehat dan bugar. Jadi, ketika salah minum air, Anda kehilangan beberapa manfaat penting darinya.

Perbedaan rasa

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Minum air.

Photo :
  • Pixabay

Pernahkah Anda merasakan adanya perubahan rasa pada cairan saat Anda meminum segelas air putih dalam waktu lama atau semalaman? Pasti Anda akan merasakannya. Anda merasakan perubahan rasa karena karbon dioksida. Membiarkan air terbuka selama 12 jam menyebabkan perubahan molekuler dalam air. 

Karbon dioksida di udara mulai bercampur dengannya, mengurangi tingkat pH yang membuatnya tidak enak. Bukan berarti air ini tidak aman untuk dikonsumsi. Air keran memiliki umur simpan enam bulan, jadi Anda bisa meminum air ini.

Tetapi meminum air yang tidak tertutup juga berarti memakan semua kotoran dan kotoran yang ada di lapisan atas dari sekitarnya. Anda mungkin tidak dapat melihatnya, tetapi percayalah pada kami ada jutaan dari mereka.

Minum air dari botol

Adalah normal bagi orang untuk bangun di pagi hari dan minum air yang tersisa semalaman di meja samping, dalam botol atau gelas. Atau terkadang kita bahkan meneguk air dari botol yang disimpan di mobil selama berhari-hari. 

Minum air dari botol plastik

Photo :
  • U-Report

Minum air dari botol, terutama jika Anda telah meneguk langsung dengan meletakkan mulut Anda di tepi botol, sama sekali tidak aman. Itu karena ketika kita meletakkan mulut kita di tepi botol, kulit mati, debu, dan keringat yang menutupi kulit kita hanyut kembali di sisa air. Bahkan air liur kita yang mengandung jutaan bakteri tercampur dalam air botol. 

Jika air didiamkan beberapa saat, terutama pada suhu hangat, bakteri cenderung berkembang biak dengan cepat. Ketika Anda meminum air yang sama lagi, ia menemukan jalan masuk ke tubuh Anda, meningkatkan risiko berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Risiko sakit lebih tinggi ketika Anda berbagi botol air dengan seseorang yang menderita penyakit menular

Cara minum air yang benar

Jika memungkinkan, isi gelas Anda dengan air segar dari keran atau filter. Jika Anda menyimpan botol di nakas Anda, jangan minum langsung dari botolnya. Simpan gelas dengan penutup bersama dengan botol air Anda. 

Ketika Anda bangun di pagi hari, hindari minum air dari botol yang sama. Juga, ganti air botol setiap hari. Saat akan keluar, cobalah untuk tidak minum air dengan meletakkan mulut Anda di tepi botol. Juga, ganti air botol yang disimpan di mobil setiap hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya