Ternyata Lemon Ampuh Turunkan Hipertensi, Ini Resep dari Ahli

Ilustrasi air lemon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sudah bukan rahasia lagi, lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meski kandungan vitamin C dalam lemon lebih sedikit dibanding jeruk nipis, namun lemon mengandung zat mineral yang lebih besar, yang bermanfaat untuk penderita anemia.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Spesialis farmakologi klinik, dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm.D, menjelaskan, salah satu mineral yang terkandung di dalam lemon adalah zat besi. 

"Zat besi diperlukan untuk penderita anemia, karena besi merupakan salah satu komponen mineral yang penting dalam menstransfer oksigen melalui darah," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu 29 Desember 2021. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Ilustrasi buah lemon

Photo :
  • Pixabay

"Pada penderita anemia, disarankan lebih banyak menggunakan jeruk lemon, dengan mencampurkannya ke dalam salad, atau dicampur ke dalam bahan makanan lain," tambah dia. 

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Selain itu, Wawaimuli memaparkan, lemon juga kaya akan kalsium, yang berguna bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi

"Penderita dengan gangguan tekanan darah tinggi, baik sekali mengonsumsi jeruk lemon. Karena dia mengandung banyak kalsium yang dapat membantu meningkatkan diuresis dalam tubuh kita sehingga membantu menurunkan tekanan darah," terang dia. 

Lalu, bagaimana resep membuat ramuan berbahan dasar lemon untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi? 

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • Pixabay/kaboompics

"Cara paling mudah, kita bisa mengiris lemon kemudian peras dicampur dengan air sampai habis, kira-kira setengah atau 1 buah lemon," ungkapnya. 

Untuk mengurangi rasa asam pada lemon, Wawaimuli menyarankan untuk menambahkan madu, yang juga memiliki banyak manfaat kesehatan. 

"Jadi jangan diberikan tambahan gula, karena pada orang dengan gangguan gula darah, tentu akan memberikan efek negatif. Jadi, untuk lebih kurang 100 ml air putih, kita campur dengan 1 buah lemon diperas, lalu tambah kurang lebih 1 sendok makan madu," tuturnya. 

"Cara lain kita bisa mencampur lemon dalam teh. Kita bisa gunakan teh celup, tambahkan aroma lemon dengan perasan lemon tadi," imbuh dr. Wawaimuli Arozal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya