Semangka Bisa Cegah Penyakit Prostat Hingga Batu Ginjal, Ini Aturannya

Buah semangka.
Buah semangka.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selain menyegarkan, buah semangka mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Baik semangka merah atau kuning, keduanya mengandung berbagai zat yang dapat menbantu mencegah berbagai penyakit. 

Salah satu yang cukup populer adalah manfaatnya dalam mencegah penyakit prostat. Spesialis gizi klinik, dr. Diana F. Suganda, SpGK, turut membenarkan hal tersebut. 

"Kandungan antioksidan dalam semangka, baik merah atau kuning, ternyata sangat tinggi. Likopen, beta karoten. Nah, antioksidan sendiri itu yang menangkal radikal bebas yang terbentuk. Sehingga mencegah penyakit macam-macam, salah satunya prostat," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 3 Januari 2022. 

Dokter Diana menambahkan, biasanya prostat berkaitan dengan pembentukan batu. Nah, kandungan air dan kalium dalam semangka, ternyata bisa mengurangi pembentukan batu. Salah satunya batu di prostat.

Namun Diana menegaskan, fungsi semangka hanya sebatas mencegah bukan mengobati. Semangka hanya bisa berfungsi optimal ketika batu di prostat belum terbentuk.

Semangka.

Semangka.

Photo :
  • U-Report

"Tapi tidak bisa menghilangkan ya. Pasti beda kalau sudah terbentuk batu atau pembesaran kelenjar prostat, semangka lagi-lagi bukan menyembuhkan. Jadi jangan sampe salah kaprah. Tetap dengan metode medis, semangka silakan dikonsumsi sebagai tambahan," ungkapnya.