Ukuran Jari Panjang, Tanda Doyan Selingkuh dan Mr P Jumbo?

Ilustrasi tangan/jari.
Sumber :
  • Pexels/Daria Shevtsova

VIVA – Sepanjang hidup, jari hanya dianggap sebagai salah satu bagian di tubuh yang dapat membantu banyak aktivitas. Namun siapa sangka, ternyata panjang jari Anda bisa menjadi tanda seberapa banyak testosteron alias hormon seks pria hingga kesehatan mencakup COVID-19.

Keluarga Lettu Agam Buka Suara soal Isu Perselingkuhan yang Viral di Medsos

Testosteron memainkan peran yang cukup penting dalam perkembangan bayi dan juga menentukan berapa panjang jari telunjuk dan jari manis Anda saat dewasa.

Tapi, apa artinya semua itu bagi Anda dan akan menjadi orang seperti apa? Pakar Tanith Carey mengungkapkan bagaimana panjang jari dapat menentukannya, dikutip dari laman The Sun.

5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Pemiliknya

Tukang Selingkuh

Ilustrasi selingkuh.

Photo :
  • Pixabay
Polisi Buka Suara Soal Istri Anggota TNI Jadi Tersangka Usai Lapor Kasus Dugaan Perselingkuhan Suami

Lain kali Anda berkencan, jangan menatap mata orang lain - lihat tangannya sebagai gantinya. Semakin pendek jari telunjuk mereka dibandingkan dengan jari manis mereka, semakin besar kemungkinan mereka terpapar tingkat testosteron yang lebih tinggi di dalam rahim, dan mungkin lebih rentan untuk selingkuh.

Psikolog dari Universitas Oxford dan Universitas Northumbria mempelajari 600 pria dan wanita di Inggris dan AS, melihat hubungan antara bentuk tangan dan pergaulan bebas. Studi untuk jurnal Biology Letters menemukan orang cenderung terbagi menjadi dua kelompok yaitu mereka yang lebih cenderung untuk tetap menjalin hubungan dan yang lain ingin mencoba banyak pasangan.

Sementara para ilmuwan tidak dapat menggunakannya untuk memprediksi kesetiaan setiap orang, mereka menemukan bahwa pria dan wanita umumnya lebih mungkin untuk selingkuh jika mereka memiliki jari telunjuk yang sedikit lebih panjang (seperti yang tampaknya dimiliki Tiger Woods), meskipun perbedaannya hanya beberapa milimeter.

Anda harus terlihat cukup sulit untuk diperhatikan, kata Profesor Universitas Oxford Robin Dunbar, yang mengatakan perbedaannya "halus" dan "hanya terlihat ketika kita melihat sekelompok besar orang".

"Perilaku manusia dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti lingkungan dan pengalaman hidup, dan apa yang terjadi di dalam rahim mungkin hanya berdampak kecil pada sesuatu yang kompleks seperti hubungan seksual," katanya.

Ukuran Penis

Ilustrasi penis

Photo :
  • Doc. Unsplash

Wanita telah lama dituntun untuk percaya bahwa memeriksa ukuran sepatu pria adalah panduan terbaik untuk panjang kejantanannya. Tapi ternyata selama ini kita mencari di tempat yang salah.

Menurut sebuah penelitian di Asian Journal of Andrology, pria yang jari manisnya lebih panjang, dibandingkan dengan jari telunjuknya, cenderung memiliki penis yang lebih besar. Untuk menyelidiki hubungan ini, dokter Korea Selatan mengukur indeks - atau jari telunjuk - di tangan kanan 144 sukarelawan pria berusia 20 tahun ke atas.

Mereka juga mengukur panjang cincin masing-masing pria - atau jari keempat. Kemudian mengukur penis mereka saat keduanya tak ereksi dan mulai menegang – yang menunjukkan berapa lama mereka akan ereksi.

Mereka menemukan pria yang memiliki celah kecil antara panjang cincin dan jari telunjuk mereka, seperti Simon Cowell atau Justin Bieber, cenderung memiliki penis yang lebih besar. Mereka yang memiliki perbedaan lebih besar, seperti Donald Trump, cenderung kurang beruntung.

Dan itu belum semuanya. Pada tahun 2014, penelitian lain oleh peneliti Korea Selatan menemukan bahwa pria dengan jari manis yang lebih panjang di tangan kanan mereka, dibandingkan dengan jari telunjuk kanan mereka, juga memiliki testis yang lebih besar.

Tipe Pasangan

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Jika Anda seorang pria yang berharap untuk merayu seorang wanita dengan tubuh cantik saat Anda berkencan berikutnya, peluang Anda mungkin sudah diputuskan di dalam rahim. Pria dengan jari manis yang panjang, seperti Brad Pitt, empat kali lebih mungkin untuk mendapatkan pasangan dengan kombinasi pinggang ramping dan dada menonjol.

Para peneliti dari Jagiellonian University Medical College Polandia mengamati tangan 50 pria muda dalam hubungan jangka panjang dan mengukur statistik vital pasangan mereka. Mereka menemukan pria dengan jari manis lebih panjang dari jari telunjuk mereka cenderung memiliki pasangan dengan sosok jam pasir klasik.

Ini mungkin karena kadar testosteron yang tinggi juga telah ditemukan membuat wajah pria lebih simetris dan menarik bagi lawan jenis, memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk menarik pasangan dengan proporsi yang biasanya menunjukkan kesuburan.

Menurut penelitian dalam jurnal Personality and Individual Differences: "Hasil kami menunjukkan lingkungan pra-kelahiran pria berdampak pada kemungkinan menjalin hubungan dengan wanita yang lebih menarik dan mungkin lebih subur."

Kecepatan Berlari

ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • U-Report

Anda mungkin berlari setiap hari untuk berlatih 5K itu, tetapi panjang jari Anda yang dapat membantu memutuskan berapa lama waktu yang Anda butuhkan. Peneliti menemukan atlet pria muda dengan jari manis yang panjang dibandingkan dengan jari telunjuk mereka juga memiliki kekuatan paru-paru yang lebih besar.

Satu teori adalah bahwa paparan testosteron yang lebih tinggi di dalam rahim dapat meningkatkan perkembangan paru-paru bayi seumur hidup, meningkatkan seberapa baik tubuh mereka menggunakan oksigen. Pada pelari terbaik, mereka menemukan jari manis mereka bisa mengukur sebanyak satu sentimeter lebih panjang dari jari telunjuk mereka.

Efek serupa juga terlihat pada wanita. Sebuah studi terpisah dari rontgen wanita di British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa wanita yang lebih sporty juga memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk mereka.

Penghasilan Pria

Ilustrasi pria.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda ingin mengetahui apakah seorang pria ditakdirkan untuk berpenghasilan tinggi, lihat sarung tangannya. Untuk sebuah studi di Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti mengukur tangan kanan dari 44 pedagang pasar saham pria, beberapa di antaranya menghasilkan hingga 4 juta poundsterling di kota.

Selama 20 bulan, mereka menemukan pedagang dengan jari manis yang lebih panjang menghasilkan 11 kali lebih banyak daripada mereka yang memiliki jari manis lebih pendek. Para peneliti percaya bahwa karena paparan testosteron yang lebih tinggi, mereka lebih percaya diri, lebih bahagia mengambil risiko dan memiliki waktu reaksi yang lebih cepat.

Pilihan Makanan

Ilustrasi makan siang/makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Saat Anda melihat menu, apakah Anda tipe orang yang memilih burger dan kentang goreng, daripada salad?

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda sedang dipimpin oleh perut Anda, pilihan Anda sebenarnya tergantung pada panjang jari Anda. Para peneliti di Universitas Agder Skandinavia, melihat pilihan makanan dari 216 pria dan wanita untuk dipelajari dalam jurnal Food Quality and Preference.

Mereka menemukan bahwa mereka yang hanya memiliki perbedaan kecil dalam ukuran antara jari manis dan jari telunjuk mereka, seperti bintang Hunger Games yang menyukai pizza Jennifer Lawrence, lebih mungkin untuk meraih makanan yang kolot dan gemuk ketika perut mereka keroncongan.

Para ilmuwan percaya kelompok dengan jari manis yang lebih panjang mungkin telah dipengaruhi oleh iklan yang mempromosikan produk makanan 'maskulin' di televisi, yang mungkin menarik bagi pria dan wanita dengan kadar testosteron yang lebih tinggi.

Kepintaran Anak

Ilustrasi anak pintar.

Photo :
  • U-Report

Untuk petunjuk awal apakah anak Anda akan pandai matematika, periksa jari-jari mereka. Hormon di dalam rahim yang membantu membuat anak pandai matematika juga bisa membuat jari manis anak lebih panjang dari jari telunjuk mereka, menurut peneliti University of Bath.

Menurut penulis studi Dr Mark Brosnan, rasio digit anak cukup banyak diatur pada saat mereka mencapai Tahun ke 2. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, peneliti membandingkan fotokopi tangan dari 75 anak berusia enam dan tujuh tahun dan mengukur panjang jari telunjuk dan jari manis pada kedua tangan.

Mereka kemudian membandingkan hasil mereka dalam tes Matematika dan Bahasa. Hasilnya, peneliti menemukan anak-anak dengan jari manis yang lebih panjang – yang memiliki lebih banyak paparan testosteron di dalam rahim – lebih baik dalam Matematika daripada Bahasa.

Anak-anak yang memiliki jari manis lebih pendek, dibandingkan dengan jari telunjuk mereka - lebih baik dalam bahasa daripada matematika. Testosteron diduga mendorong pengembangan keterampilan spasial dan matematika, sementara memperlambat perkembangan di belahan otak kiri, bagian otak yang berhubungan dengan bahasa.

"Panjang jari tidak berarti ukuran kecerdasan atau kemampuan," kata Brosnan, "tetapi menambahkan bahwa panjang jari seorang anak mungkin menunjukkan jika seorang anak memiliki kecenderungan terhadap matematika."

Kematian akibat COVID-19

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

Pria dengan jari manis yang lebih panjang memiliki risiko lebih rendah meninggal akibat COVID-19, dan lebih mungkin mengalami gejala yang lebih ringan jika mereka tertular.

Perbedaannya mungkin hanya dalam hitungan milimeter, tetapi menurut penelitian oleh Swansea University, pria dengan jari yang lebih panjang kemungkinan besar telah terpapar lebih banyak testosteron di dalam rahim, yang membantu melindungi organ dari virus.

Jadi jika panjang jari telunjuknya dibagi dengan panjang jari manis lebih panjang – 0,99 plus – bukannya lebih pendek – sekitar 0,97 – Anda mungkin memiliki perlindungan ekstra.

Ini diyakini membantu karena testosteron dapat meningkatkan jumlah reseptor ACE-2 - protein pada permukaan sel - di paru-paru, yang tampaknya mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh virus. Namun panjang jari wanita tampaknya tidak mempengaruhi tingkat kematian mereka, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Early Human Development.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya