Ramai Artis Rawat Boneka Arwah, Benarkah Bentuk Gangguan Jiwa?

Boneka Arwah Milik Furi Harun
Sumber :
  • IG @furiharun

VIVA – Spirit doll atau boneka arwah, belakangan sedang marak dibicarakan. Hal itu lantaran, presenter sekaligus desainer ternama, Ivan Gunawan, memiliki boneka yang juga dirawat layaknya bayi sungguhan. 

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Bukan hanya satu, Ivan Gunawan memiliki dua boneka yang dianggap seperti anaknya sendiri. Boneka itu diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Desainer kondang itu bahkan membuatkan akun Instagram khusus untuk dua 'buah hatinya' tersebut. 

Lalu, bagaimana pandangan psikiater terhadap fenomena spirit doll yang kembali marak ini?

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Furi Harun dan Spirit Doll

Photo :
  • Instagram @furiharun

Spesialis kedokteran jiwa dari Rumah Sakit EMC Alam Sutera, dr. Andri, SpKJ, FAPM, turut menanggapi fenomena spirit doll ini. Melalui cuitannya di Twitter yang juga diunggah di Instagram, dia mengungkap mengapa boneka arwah kian populer belakangan ini.

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

"Ya, karena yg memilikinya dan memamerkannya itu figur publik yang punya akses ke media sosial, jadi makin banyak yg lihat," ujar dr. Andri, dikutip VIVA, Selasa 4 Januari 2022.

Menurut Andri, boneka memang sudah sejak lama dianggap sebagai media untuk para arwah.

"Bahkan kalau di kebudayaan Tionghoa, patung2 yang ada di Kelenteng juga diisi oleh para arwah atau dewa yang dianggap bisa membantu manusia atau sebaliknya tergantung kondisi manusianya juga," tulisnya.

Ivan Gunawan.

Photo :
  • Instagram Ivan Gunawan

Lalu, apakah orang yang percaya dengan spirit doll memiliki gangguan jiwa? Begini jawaban dokter Andri. 

"Silahkan kembali ke definisi aja. Gangguan jiwa: Gangguan pada perilaku, perasaan, perilaku yg menimbulkan penderitaan dan ketidakmampuan pada orang itu, sehingga mengganggu kehidupan sehari-harinya. So...??" tuturnya kembali bertanya. 

Andri beranggapan, jika merawat spirit doll hanya fenomena sesaat dan tidak mengganggu serta menurunkan kualitas hidup seseorang, seharusnya hal itu tidak perlu dipermasalahkan. 

"Kalau ternyata merawat #SpiritDoll hanyalah bagian dari fenomena sesaat atau juga lebih karena ada pemikiran khusus sesuai kebudayaan yang dia percaya ya biarkanlah, asalkan tidak mengganggu dan menurunkan kualitas hidupnya. Tidak usah diberi perhatian berlebihan juga," imbuh dr. Andri. 

Ivan Gunawan telah membantah jika boneka-boneka yang dia rawat, ada arwahnya layaknya spirit doll

"Kalau saya sih enggak merasa dia ada isinya. Anak saya bukan anak setan, enggak ada urusannya sama iblis, sama jin dan segala macam," kata Ivan Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya