Kering Hingga Infeksi, Kenali 5 Gejala Diabetes di Mulut

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes tipe-2 dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh Anda. Tahukah Anda tanda dan gejala diabetes juga bisa muncul di mulut?

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang mencegah tubuh Anda menggunakan insulin dengan benar. Terlalu banyak gula yang beredar dalam aliran darah karena penyakit jangka panjang (kronis) ini. 

Kadar gula darah yang tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan masalah dengan sistem peredaran darah, neurologis, dan imunologis. Pada dasarnya ada dua masalah terkait di tempat kerja pada diabetes tipe 2. Kadar gula darah seseorang yang menderita penyakit ini dapat melonjak dan memiliki konsekuensi yang parah.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Gejala Diabetes yang Ditemukan di Mulut

DIABETES

Photo :
  • U-Report

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Tanda dan gejala diabetes tipe-2 bisa ringan sehingga Anda bahkan tidak menyadarinya. Diabetes memiliki dampak negatif pada seluruh tubuh Anda, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penyakit gigi dan masalah mulut lainnya. Diabetes terkait dengan satu dari setiap lima kasus kehilangan gigi total. 

Kabar baiknya adalah Anda dapat mulai mengendalikan kesehatan sekarang juga. Mengontrol gula darah, menyikat gigi, flossing, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko masalah mulut terkait diabetes. Berikut adalah beberapa gejala umum diabetes tipe-2 yang muncul di mulut Anda:

1. Polidipsia

Haus dengan berlebihan.

Photo :
  • U-Report

Polidipsia adalah istilah medis untuk rasa haus yang berlebihan. Anda mungkin merasa haus sepanjang waktu atau mulut kering terus-menerus jika Anda menderita polidipsia. Hal ini disebabkan oleh kadar glukosa darah yang tinggi pada penderita diabetes. Ketika kadar glukosa darah Anda meningkat, ginjal Anda membuat lebih banyak urin untuk membuang kelebihan glukosa dari sistem Anda. Sementara itu, otak Anda mendorong Anda untuk minum lebih banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini menyebabkan rasa haus akut yang terkait dengan diabetes.

2. Mulut kering

Penyebab dan Cara Mengatasi Mulut Kering

Photo :
  • U-Report

Sebuah studi yang diterbitkan di PLOS One menganalisis adanya xerostomia atau mulut kering pada pasien dengan diabetes tipe 2. Mereka menemukan bahwa 49 persen pasien yang terlibat dalam penelitian mengalami mulut kering sedang hingga parah. Studi menunjukkan cara terbaik untuk melawan masalah mulut kering adalah dengan minum air putih. Makan sehat dan mengunyah permen karet juga dapat membantu, tetapi yang terbaik adalah berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

3. Dehidrasi

Ilustrasi wanita terasa dehidrasi.

Photo :
  • U-Report

Dehidrasi lebih mungkin terjadi pada penderita diabetes karena peningkatan kadar glukosa darah menyebabkan tubuh kehilangan air. Diabetes insipidus, sejenis diabetes yang tidak terkait dengan kadar gula darah tinggi, menempatkan Anda pada risiko dehidrasi. Mulut kering juga merupakan tanda dehidrasi, termasuk haus, sakit kepala, pusing, kelelahan, urin berwarna gelap, dan mata kering. Tanda-tanda dehidrasi parah termasuk tekanan darah rendah, mata cekung, kelelahan, detak jantung yang cepat dan perasaan bingung.

4. Perubahan Rasa

warna lidah

Photo :
  • U-Report

Apakah indera perasa Anda berubah baru-baru ini? Bisa jadi itu pertanda kadar gula darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelainan rasa yang umum di antara penderita diabetes. Dysgeusia adalah gangguan rasa yang menciptakan rasa tidak enak, asam, atau asin di mulut. Selain itu, penderita diabetes tipe 2 sering mengalami kesulitan mencicipi makanan manis. Akibatnya, rasa asin makanan menjadi lebih terlihat.

5. Infeksi Mulut

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • U-Report

Sistem kekebalan Anda melemah oleh diabetes, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Infeksi jamur yang dikenal sebagai sariawan sangat sering terjadi pada penderita diabetes (kandidiasis). Ragi tumbuh pada kadar gula yang tinggi dalam air liur Anda, yang muncul sebagai lapisan putih di lidah dan bagian dalam pipi Anda. Orang yang memakai gigi palsu lebih mungkin terkena sariawan, yang bisa meninggalkan rasa tidak enak di mulut Anda. Jika Anda merasa menderita sariawan atau infeksi mulut lainnya, kunjungi dokter gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya