Makanan Terbaik untuk Mengobati Sembelit, BAB pun Lancar

Sembelit
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Meskipun sulit untuk membahas sembelit, sama sulitnya dengan menghadapinya. Meskipun sangat umum, itu bukan kondisi kesehatan yang paling menarik. 

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Sembelit dikaitkan dengan buang air besar yang jarang, yang tidak hanya menyakitkan, tetapi juga sulit untuk dilewati. Para ahli percaya apa pun yang kurang dari tiga kali buang air besar per minggu bisa menandakan masalah.

Jadi, jika Anda memaksakan buang air besar atau mengejan terlalu banyak, maka itu bisa menimbulkan penyakit kronis lainnya, yang bisa lebih sulit untuk diatasi. Karena itu, sembelit bukanlah sesuatu yang tidak dapat diobati. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Dengan jenis diet yang tepat, Anda selalu dapat kembali ke diri Anda yang biasa. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tambahan makanan yang dapat meringankan sembelit dan membantu buang air besar lebih baik, dilansir dari Times of India.

Oatmeal harus menjadi menu sarapan

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Cara terbaik untuk memulai hari adalah dengan makan semangkuk penuh oatmeal. Makanan ini kaya akan serat. Sementara yang pertama mudah larut dalam air dan mengambil bentuk seperti gel, yang terakhir menambahkan sebagian besar ke tinja, membuat makanan lebih lembut dan lebih mudah melewati lambung dan usus. Dengan cara ini tidak perlu mengejan untuk buang air besar dan seseorang bisa mendapatkan bantuan dari sembelit.

Tambahkan banyak sayuran

Bayam.

Photo :
  • U-Report

Sayuran hijau yang sehat memegang kunci untuk banyak penyakit kesehatan. Sembelit adalah salah satunya. Sayuran hijau seperti bayam, kubis brussel, dan brokoli tidak hanya kaya akan berbagai nutrisi, tetapi juga secara khusus dikenal karena kandungan seratnya, yang membuatnya sangat baik untuk usus Anda. Ini membantu menambah berat tinja, membuatnya lebih mudah melewati saluran pencernaan.

Buah 

Buah-buahan seperti kiwi, jeruk, pir, dan apel sangat bagus untuk pencernaan. Siapa pun yang menderita sembelit dapat mengonsumsi buah-buahan ini, yang kaya akan serat. Selain itu, buah-buahan ini juga mengandung banyak air, sorbitol dan fruktosa, yang berguna untuk mengobati sembelit.

Biji rami sangat bermanfaat

Terlepas dari makanan kaya serat, biji rami sangat bermanfaat bagi kesehatan usus Anda. Mereka sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda dan dapat memberi Anda hasil yang maksimal. Namun, ingatlah untuk tidak memakannya utuh, atau tubuh Anda tidak akan dapat mencernanya, dan akan berlalu tanpa memberi Anda nutrisi yang diperlukan.

Kacang

Ada banyak jenis kacang-kacangan dan sebagian besar mengandung serat. Ini memiliki kandungan serat larut dan tidak larut, yang membantu meringankan sembelit dengan cara mereka sendiri yang berbeda. Ini juga mengandung pati resisten yang bertindak sebagai pencahar ringan, yang membantu menyeimbangkan bakteri di saluran pencernaan.

Jaga usus tetap sehat

Probiotik adalah bakteri hidup yang secara alami ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kombucha, kefir, kimchi, asinan kubis, dan tempe. Studi telah menemukan bahwa probiotik meningkatkan mikrobioma usus, yang membantu kekebalan, mengurangi segala bentuk peradangan dan memudahkan masalah pencernaan seperti sembelit.

Air dapat menghasilkan keajaiban

Minum air

Photo :
  • Times of India

Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencapai sistem pencernaan yang sehat. Kekurangan cairan dalam tubuh seringkali menjadi penyebab utama sembelit. Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari tidak hanya dapat membuat Anda tetap energik, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan usus Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya