Orang Dewasa Main Puzzle Dapat Tingkatkan IQ Hingga Cegah Alzheimer

Ilustrasi Penyakit Alzheimer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Puzzle merupakan salah satu mainan edukatif bagi anak-anaknya. Sebab, puzzle sendiri mengajak anak untuk  potongan gambar ini hadir dalam beragam tingkat kesulitan, yang dapat disesuaikan dengan usia anak. Namun tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga bermanfaat bagi orang dewasa. Tidak heran jika orang dewasa suka memainkan puzzle. 

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Faktanya, banyak riset telah membuktikan bermain puzzle juga memiliki segudang manfaat untuk orang dewasa. Selain mendorong rasa bahagia, bermain puzzle juga bisa mengurangi stres, menciptakan rasa tenang dan tentram. Tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat dari puzzle bagi orang dewasa.

1. Meningkatkan daya ingat

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Apakah Anda termasuk orang yang suka minum kopi, makan buah beri, dan melakukan olahraga untuk meningkatkan daya ingat? Jika demikian, maka ide ini akan menarik bagi Anda. Cobalah cara baru untuk meningkatkan daya ingat.

Memecahkan puzzle meningkatkan kecepatan mental dan memori jangka pendek kita dengan mengingat warna, bentuk, dan detail, lalu membantu kita berpikir di mana tempat yang tepat untuk karya kita. Teka-teki silang adalah salah satu latihan kognitif terbaik, serta puzzle Jigsaw.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

2. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

Keterampilan memecahkan masalah sangat penting dalam hidup kita. Memiliki keterampilan ini berarti Anda dapat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi terbaik untuk itu. Jika Anda melatih otak Anda dengan memecahkan puzzle, maka Anda dapat meningkatkan keterampilan ini. Saat Anda memecahkan puzzle, Anda dipaksa untuk menemukan beberapa solusi alternatif dan mencari kesalahan terlebih dahulu. Ini bisa sangat berguna di tempat kerja, Anda setuju?

3. Memperkaya kosakata Anda

Pernahkah Anda berpikir untuk memperkaya kosakata Anda? Membaca pasti akan membantu Anda dalam hal ini, tetapi juga memecahkan puzzle. Puzzle diketahui dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan ejaan Anda dan membantu Anda mempelajari kata-kata baru. Anda juga dapat mempelajari kata-kata asing baru dengan memecahkan puzzle. Tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa baru. Manfaatkan teka-teki untuk mendapatkan lebih banyak pendidikan.

4. Tingkatkan IQ

Sudahkah Anda melakukan tes IQ? Misalkan Anda mungkin tidak puas dengan hasilnya dan Anda ingin mengubahnya. Nah, puzzle adalah cara yang bagus untuk melakukan itu. Ini tidak dapat terjadi dalam semalam, tetapi pada waktunya itu sangat mungkin. Menyusun puzzle ternyata meningkatkan memori dan penalaran kita. Jika kita melihat hasil penelitian dari University of Michigan, orang dewasa dapat meningkatkan IQ mereka sebesar 4 poin setelah memecahkan teka-teki selama 25 hari.

5. Terhindar dari penyakit seperti Demensia dan penyakit Alzheimer

Tahukah Anda bahwa puzzle dapat membantu mencegah dan menunda beberapa penyakit? Studi dari Journal of Neuroscience telah menunjukkan bahwa menyelesaikan puzzle silang merangsang pikiran pasien yang dapat membantu mencegah / menunda penyakit Alzheimer pada warga lanjut usia. Kegiatan seperti memecahkan puzzle ini dapat mengurangi jumlah kerusakan sel otak penderita penyakit ini.

Jika seorang pasien sedang memecahkan puzzle, aktivitas itu membantu pertumbuhan sel-sel saraf baru yang sehat. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus menyusun puzzle hanya jika Anda menderita penyakit ini. Pecahkan puzzle untuk pencegahan dan latih otak Anda tepat waktu.

6. Mengurangi stres dan meningkatkan energi positif

Menyusun puzzle adalah senjata hebat melawan stres dan energi negatif. Saat Anda memecahkan teka-teki, otak Anda meningkatkan produksi dopamin. Dopamin merupakan salah satu neurotransmitter otak, yang membantu mengatur suasana hati, motivasi, perhatian, memori, berpikir positif dan perasaan optimisme.

Jadi, setiap kali Anda meletakkan potongan puzzle di tempat yang tepat, Anda melepaskan dopamin. Perasaan bahagia dan optimisme menciptakan energi positif, mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi. Memecahkan teka-teki jelas merupakan cara terbaik untuk bersantai dan menghibur diri.

7. Meningkatkan produktivitas dalam bekerja

Menyusun puzzle dapat membawa banyak manfaat yang secara positif akan mempengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja. Puzzle yang berisi bagian-bagian kecil membutuhkan perhatian terhadap detail. Dengan puzzle ini, Anda melatih mata Anda untuk melihat detail terkecil. Kemampuan ini dapat membantu kita dalam pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan orientasi terhadap detail.

Memecahkan puzzle di tempat pertama meningkatkan konsentrasi yang penting bagi kita di tempat kerja. Jika Anda sedang kuliah, ini juga bisa sangat membantu Anda untuk berkonsentrasi belajar. Puzzle adalah cara yang bagus untuk merilekskan otak dan lebih dekat dengan rekan kerja. Anda pasti akan meningkatkan kerja sama Anda.

Di sisi lain, Sasa bekerja sama dengan Rekat-rekat Puzzle dan Gambir Studio, juga menggandeng tiga ilustrator lokal ternama yakni, Alfeus Christie (Harousel Studio), Hana  Augustine (Hananoi), dan Arief Putra menggelar kampanye  bertajuk SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle. Dalam kolaborasi yang menggabungkan permainan puzzle tradisional dengan teknologi Augmented Reality.

Dengan adanya campaign ini diharapkan bisa memberikan pengalaman baru dalam bermain puzzle, serta dapat membagikan kebahagiaan kepada masyarakat. Ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan pihak perusahaan terhadap  pelaku industri kreatif lokal sekaligus sebagai hadiah untuk membuka tahun 2022.

Untuk diketahui, Petualangan SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle, akan dibagi menjadi tiga seri, di mana masing-masing seri akan memperlihatkan karya ilustrasi terbaik dengan gaya dan karakter visual dari masing-masing illustrator, seperti karya dari Hana Augustine atau yang lebih dikenal sebagai Hananoi, ilustrator lokal yang sudah menerbitkan beberapa buku dan membuat desain karakter untuk beberapa games dan animasi.

Lalu di seri kedua akan dimanjakan oleh ilustrasi karya Arief Putra, yang sudah mendunia lewat karyanya yang khas, adapun Alfeus Christie yang juga dikenal sebagai Harousel akan memberikan warna lain untuk petualangan ini, dengan karya yang kental akan nuansa Anime dan Manga khas Jepang.

Pada setiap serinya puzzle ini akan menceritakan kisah petualangan Satria dan Sabrina  mengarungi dunia penuh keajaiban dimana mereka akan memulai perjalanan rasa penuh makna, yang dihidupkan dalam teknologi augmented reality lewat aplikasi Sasa in Wonderland, selain itu pengguna juga bisa mengakses Sasa Magical Secret Recipe.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya