Punya Kolesterol Tinggi? Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari

Ilustrasi daging kambing.
Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA – Kolesterol memang dibutuhkan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Namun, jika jumlahnya terlalu tinggi dan jenisnya bukan kolesterol baik, maka dapat menyebabkan stroke hingga jantung koroner.

Maka dari itu, penderita kolesterol tinggi harus menjaga asupan makannya, terutama dari makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Beberapa di antaranya adalah daging merah dan produk susu. 

Lalu, benarkah penderita kolesterol tinggi harus menghindari konsumsi daging merah dan produk susu? Ini mitos atau fakta? 

Ilustrasi kolesterol.

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • U-Report

Fakta. Kenapa? Karena kalau Anda beli daging merah, Anda potong, Anda lihat. Di antara serat merahnya ada garis putih. Garis putih itu lemaknya, kolesterolnya. Jadi itu harus dihindari si daging merah itu," ujar Spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro, MSc, MS, SpGK(K), dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis, 6 Januari 2022. 

Dokter Samuel menambahkan, yang paling penting yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke laboratorium untuk mengetahui kadar kolesterol kita. Setelah itu, baru bisa diketahui program apa yang cocok untuk dijalankan. 

"Memang kolesterol itu dibutuhkan oleh tubuh buat pembentukan hormon. Tapi pada saat dia berlebihan, pembentukan hormon tetap jalan, tapi kemungkinan terjadi sumbatan pembuluh darah menjadi lebih tinggi," ungkap dia.